Bandara Adisutjipto Buka Slot Penerbangan Tambahan

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara (Bandara) Adisutjipto tengah mempersiapkan posko lebaran, menyiapkan slot penerbangan tambahan dan menambah kapasitas ruang tunggu guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Lebaran 2018. 

Perseroani memprediksi akan ada kenaikan penumpang di Bandara Adisutjipto dikisaran 7 persen atau dari 23.000 penumpang menjadi 28.000 penumpang setiap harinya. Demikian diungkapkan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama kepada wartawan.

Perseroan akan membuka Posko Lebaran di Bandara Adisutjipto mulai H-8 sampai H+8 atau sejak 7 Juni 2018. Posko Lebaran ini guna mengantisipasi adanya lonjakan dan memonitoring penumpang di Bandara Adisutjipto.  

"Guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto,sementara ini baru ada 9 penerbangan tambahan yang diajukan maskapai yang beroperasional di Bandara Adisutjipto.  Ada pengajuan extra flight yang artinya masih ada slot yang bisa dimanfaatkan maskapai penerbangan tersebut guna meng-cover apabila terjadi lonjakan penumpang," tutur Pandu di Gedhong Pracimosono Kepatihan.

Pandu menyampaikan jam operasional Bandara Adisutjipto sendiri tetap akan dibuka hingga pukul 00.00 WIB atau jam 12 malam.  Jika ada keterlambatan, pihaknya tetap menyiapkan waktu paling tidak dua jam untuk perpanjangan atau extend agar jangan sampai ada penumpang yang tidak jadi atau batal berangkat maupun terjadi keterlambatan dan sebagainya.

"Saya menargetkan pembangunan penambahan ruang tunggu di Terminal A Bandara  Adisutjipto jadi sebelum Lebaran. Kami tambah sekitar 400-an kursi di ruang tunggu dan pembangunan lainnya yang mengganggu operasional bandara Adisitjipto bisa diliburkan dulu," paparnya 

Termasuk adanya perluasan mushola khusus bagi perempuan karena selama inu banyak dikeluhkan banyak penumpang. Pihaknya juga sangat diuntungkan dengan adanya liburan panjang lebaran sehingga penumpang tidak terkonsentrasi dalam satu waktu saja. (Ira)

BERITA REKOMENDASI