Bangun Integritas Melalui Spirit Budaya Lokal

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Yogyakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Museum Benteng Vredeburg mengadakan Lomba Cerita Sejarah, tingkat SMP dan SMA se-DIY. Lomba yang diselenggarakan di Gedung F dan G Museum Benteng Vredebur Yogyakarta, Rabu (25/10/2017) diikuti 50 siswa.

Ketua Panitia Gunawan Sridiatmiko mengatakan, lomba mengangkat tema 'Spirit Budaya Lokal Yogyakarta dalam Membangun Integritas Bangsa'. Masing-masing peserta diminta untuk bercerita tentang tokoh, peristiwa, tradisi atau warisan budaya yang ada di Yogyakarta, berdurasi 10 menit. Kriteria penilaian meliputi, kesesuaian tema dan isi, teknik dan keruntutan cerita, kemampuan bahasa dan penampilan.

"Juara mendapatkan trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan," terang Gunawan kepada KRjogja.com, disela lomba.

Tujuan lomba, menurut Gunawan, untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga siswa terhadap Kota Yogyakarta. Ketika menyiapkan sebuah cerita, terlebih dahulu siswa akan melakukan riset sederhana. Disitulah pemahaman siswa terhadap sebuah tema akan terbangun. "Yang bercerita maupun yang mendengarkan cerita akan mengetahui tentang kearifan lokal yang dimiliki Kota Yogyakarta," ujar Gunawan.

Sebelumnya, MSI Yogyakarta mencoba menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Koya Yogya melalui lomba foto bertema 'Aku Cinta Yogyakarta'. "Kami berkomitmen nmembangun karakter generasi muda yang berintegritas melalui kegiatan-kegiatan yang disukai," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI