Banjir Piyungan dan Sleman

YOGYA, KRJOGJA.com – Hujan yang mengguyur Yogyakarta, Rabu (20/12/2017) siang sampai Malam telah menyebabkan banjir di kawasan Piyungan dan Sleman. Selain itu, longsor dan sejumlahg pohon tumbang.

Sumber Informasi: BPBD, TRC BPBD DIY, Warga Masyarakat dan Komunitas Relawan menyebutkan hujan disertai angin yang terjadi pada pukul (-+) 14:30 WIB, menyebabkan kejadian di beberapa wilayah di DIY, antara lain:

-Wilayah Kabupaten Bantul terjadi Banjir di 2 titik, yaitu di wilayah kecamatan Piyungan
Dampak : Jembatan Putus sehingga akses jalan terputus, pengungsian.
-Wilayah Kabupaten Sleman meliputi kecamatan Prambanan, Ngemplak, Condongcatur, Minggir dan Berbah.
a. Pohon Tumbang : 4 Titik
b. Tanah Longsor : 2 Titik
c. Banjir : 4 titik
Dampak : Akses jalan, rumah rusak, Jaringan listrik putus, Alat berat rusak, perkampungan tergenang
– Wilayah kabupaten Kulonprogo terjadi tanah longsor di kecamatan Girimulyo dan kalibawang, yang menimpa di 3 titik.
Dampak: Rumah rusak, akses jalan putus & pengungsian warga
-Wilayah Kabupaten Gunungkidul Terjadi luapan Banjir 2 titik di wilayah kecamatan Tanjungsari dan Gedangsari.
Dampak : Fasilitas pendidikan, 

Petugas, warga dan relawan melakukan evakuasi dan pertolongan, pemblokiran jalan dan penyelamatan kepada para warga terdampak. Pemotongan, pemangkasan dan menyingkirkan pohon tumbang.

Berdasarkan informasi dari BMKG : 

1. Update Peringatan Dini Cuaca DIY Tgl 20 Desember 2017 Pkl 14.15 WIB. 

Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kulonprogo utara dan tengah (Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, nanggulan, Sentolo, Pengasih), Seluruh  Sleman dan dapat meluas ke wilayah Gunungkidul utara (Semin, Ngawen, Nglipar, gedangsari, Patuk), Kota Yogyakarta dan Kulonprogo bagian selatan (Lendah, Panjatan, Wates, Kokap, Temon). Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pkl 16.00 WIB.
Prakirawan – BMKG DIY

2. Pantauan Lightning Detector Stasiun Geofisika Yogyakarta menunjukkan perkembangan aktivitas petir di Selman bagian Timur Laut dan didominasiboleh petir jenis IC (inter/intraclod)
Severity Index (frekuensi kejadian petir) menunjukkan tingkat Thunder Shower dengan nilai 13-22 kejadian petir dalam 1 waktu.

Aktivitas petir telah terjadi di Bantul bagian utara, Guung Kidul bagian tengah dan utara, dan Kota Yogyakarta dengan frekuensi kejadian (severity index) 54-79 Dan masih didominasi petir jenis IC. Aktivutas petir juga telah terjadi di Kulon Progo bagian Barat Laut. (*)

BERITA REKOMENDASI