Bank BPD DIY Ditunjuk Salurkan KUR Bagi Anggota NU dan Muhammadiyah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Bank BPD DIY ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi anggota Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Alokasi dana KUR bagi para anggota dua organisasi kemasyarakatan (ormas) terbesar di tanah air tersebut yang disalurkan melalui PT Bank BPD DIY besarannya mencapai Rp 400 miliar.

Direktur Utama (Dirut) PT Bank PPD DIY, Santosa Rohmad mengatakan penunjukkan ini berdasarkan surat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ini sesuai dengan surat itu, kita diminta untuk berkoordinasi dengan NU dan Muhammadiyah yang peluncurannya akan dilakukan besok di Surabaya dan Jakarta. Nanti tentunya ini program dari nasional,” kata Santoso Rohmad disela sosialisasi penyaluran KUR bagi anggota Muhamamdiyah dan NU di Kantor Cabang Utama PT Bank BPD DIY, Selasa (04/08/2020).

Dalam program ini para anggota akan mendapatkan skema bunga murah sebesar 6 persen. Selain itu akan ada pula subsidi tambahan bunga 6 persen selama 3 bulan pertama, sehingga selama 3 bulan pertama itu anggota ormas ini tidak perlu membayar bunga atau hanya membayar pokoknya saja.

Pada tiga bulan kedua, subsidi bunga masih diberikan sebesar 3 persen sehingga bunga yang dibayarkan anggota ormas selama 3 bulan kedua hanya 3 persen saja. Subsidi dari pemerintah ini hanya berlaku hingga bulan Desember tahun ini.

Sementara syarat bagi para anggota untu dapat mengajukan KUR bersubsidi yakni memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) masing-masing organisaasi. Selain itu anggota juga harus mendapat rekomendasi dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) atau pengurus tingkat Kabupaten.

“Seperti kita tahu amal usaha NU dan Muhammadiyah sampai dengan yang kecil-kecil itu ada. Karena ini perhatian pemerintah bagi NU serta Muhammadiyah dan kita dipercaya untuk menyalurkannya, maka harus laksanakan dengan baik,” jelasnya.

Santoso Rohmad menegaskan diluar program ini, PT Bank BPD DIY juga memiliki program KUR untuk masyarakat umum. Skema bunga yang diberikan pun juga tak jauh berbeda dengan KUR bagi anggota NU dan Muhammadiyah.

“Artinya tidak menutup kemungkinan, dengan skema hampir sama, subsidi juga ada. Jadi bagi masyarakat umum juga bisa untuk mengajukan KUR kepada kami,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI