Bank BPD DIY Fokus Kembangkan UMKM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bank BPD DIY berkomitmen dan terus berupaya meningkatkan akselerasi pembiayaan untuk mengembangkan UMKM di DIY dengan menerapkan beberapa strategi bisnis yang berpihak kepada UMKM. Selain kemudahan akses perbankan kepada pelaku UMKM, Bank BPD DIY aktif memberikan edukasi, pelatihan dan workshop pengembangan usaha yang akan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi daerah.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY Santoso Rohmad menegaskan sebagai salah satu pelaku ekonomi daerah kaitannya dengan jasa keuangan tentunya berupaya berkontribusi mendorong pemulihan pertumbuhan ekonomi di DIY, khususnya dalam akselerasi nya. Seperti diketahui, DIY identik dengan pariwisata, pendidikan serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maka lahirlah berbagai produk-produk pembiayaan yang ada di Bank BPD DIY.

“Produk-produk kami ini adalah produk-produk layanan jasa keuangan yang benar-benar dapat diakses masyarakat kecil dari yang super mikro, kecil, menengah bahkan hingga korporasi. Seperti kita ketahui, hanya korporasi tertentu saja yang bisa eksis saat ini sehingga yang kecil-kecil inilah yang butuh penanganan dari kita,” jelas Santoso di Yogyakarta, Selasa (29/09/2020).

Santoso menyampaikan penanganan tersebut diwujudkan Bank BPD DIY dalam bentuk akses keuangan perbankan. Bank BPD DIY mempunyai berbagai produk pembiayaan mulai dari kredit super ultra mikro dengan bunga kecil 0 persen, plafon sebesar Rp 2,5 sampai Rp 10 miliar dan sebagainya. Dalam hal ini, Bank BPD DIY mengerahkan dan menantang seluruh unit kerja dari kecamatan hingga cabang di kabupaten untuk mengakselerasi penyaluran kredit tersebut.

“Mereka harus bisa membidik kegiatan sektor ekonomi yang masih berjalan, seperti kali ini kita berbicara industri pariwisata. Saya sudah berkeliling Yogyakarta belum lama ini, cuma kita masih harus mendorong pelaku-pelaku pariwisata mempunyai ‘greget’ yang kuat sehingga daya tarik pariwisata DIY akan menjadi magnet bagi wisatawan,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI