Bank BPD DIY Fokus Kembangkan UMKM

Editor: Ivan Aditya

Selanjutnya, Bank BPD DIY tidak melupakan pendampingan atau pembinaan kepada pelaku UMKM setelah menggulirkan berbagai skema pembiayaan. Dari sisi pendampingan, pihaknya mempunyai metode Micro Business Simulation (MBS).MBS merupakan sebuah metode edukasi interaktif yang memberikan pemahaman tentang bagaimana cara menjalankan usaha mikro/kecil dengan memperhatikan kaidah-kaidah manajemen usaha yang baik.

“Artinya kita akan membina UMKM sesuai klaster, bagaimana menyusun strategi keuangan yang baik, pengemasan produk, pemasaran produk, transaksi online hingga mentalitas dipersiapkan guna bersaing dengan produk-produk lain. Kita akan bantu, termasuk kapan mereka harus berhubungan dengan perbankan untuk permodalan sehingga usahanya itu terus tumbuh,” tandas Santoso.

Bank BPD DIY mempunyai garda-garda terdepan di setiap kecamatan se-DIY untuk mendampingi kelompok-kelompok UMKM tersebut. Di Samping peningkatan strategic business unit, Bank BPD DIY juga menerapkan pendekatan digital banking.

Berbagai inovasi layanan berbasis digital juga dilakukan Bank BPD DIY untuk mempermudah pelaku UMKM dalam melakukan transaksi usaha maupun transaksi lainnya. Sebut saja BPD DIY Mobile, sebuah layanan mobile banking yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi mulai dari cek saldo, transfer, pembayaran tagihan maupun pajak daerah dan retribusi. (Ira)

BERITA REKOMENDASI