Bank BPD DIY Gulirkan Stimulus dan Percepat Vaksinasi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – PT Bank BPD DIY telah menggulirkan stimulus yang diwujudkan melalui berbagai program atau skema keringanan restrukturisasi bagi debitur khususnya pelaku UMKM di DIY yang terdampak pandemi Covid-19. Selain berupaya memberikan stimulus, Bank BPD DIY berkomitmen berpartisipasi mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di DIY guna pemulihan ekonomi daerah.

Direktur Utama (Dirut) PT Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyatakan pihaknya mempunyai program keringanan restrukturisasi kredit kepada debitur terdampak pandemi. Restrukturisasi tersebut antara lain memperpanjang jangka waktu penurunan suku bunga dan kredit murah melalui PeDe supaya ekonomi masyarakat itu tetap bisa tumbuh.

” Jadi dengan adanya kredit-kredit murah ini, debitur terdampak pandemi bisa bangkit kembali. Selain itu, kami mempersiapkan dan meningkatkan fasilitas layanan transaksi digital sehingga tidak harus bertemu secara langsung cukup via online saja di tengah pandemi,” tuturnya di Yogyakarta, Selasa (17/8).

Santoso mengharapkan melalui berbagai upaya tersebut maka dapat mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat sehingga perekonomian dan investasi di DIY meningkat. Capaian ekonomi DIY pada triwulan II 2021 tumbuh luar biasa hal ini menjadi angin segar bagi kinerja pertumbuhan kredit Bank BPD DIY yang berhasil menyalurkan hingga Rp9,7 triliun.

” Kita juga memiliki 1.400 debitur yang direstrukturisasi, dari total debitur tersebut setidaknya 70 persennya adalah pelaku UMKM di DIY. Mereka tetap bisa mengangsur program restrukturisasi ini, artinya pelaku UMKM di DIY ini sebenarnya masih hidup, sedangkan ada pula debitur memang sulit pertahankan,” terangnya

Menurut santoso, pandemi ini tidak bisa dihadapi oleh salah satu sektor sehingga semua sektor harus berpartisipasi dalam program percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di DIY. Terutama meningkatkan imunitas massal, salah satunya melalui vaksinasi Covid-19 yang kali ini membidik sasaran pelaku pariwisata dan industri jasa keuangan di DIY.

BERITA REKOMENDASI