Bank BPD DIY Syariah Bantu Kelola Dana ZIS Hingga Wakaf Uang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bank BPD DIY Syariah yang merupakan Unit Usaha Syariah Bank BPD DIY terus memantapkan komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah karena menawarkan berbagai keunggulan tersendiri. Kondisi itu membuat banyak nasabah dan mitra menaruh kepercayaan kepada Bank BPD DIY Syariah sebagai pilihan tepat untuk melakukan berbagai kerjasama, salah satunya dalam pengelolaan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) dan wakaf uang. Bahkan, Bank BPD DIY Syariah sudah menerapkan digitalisasi dengan penggunaan barcode apabila ingin menyalurkan donasi khususnya ZIS dan wakaf uang.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah DIY Prof Dr Muhamad MAg CIRBCom mengatakan kemajuan teknologi informasi semakin pesat, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 telah berdampak besar akan perubahan pada aspek sosial, ekonomi dan spiritual masyarakat, termasuk pada masyarakat masjid. Kondisi pandemi ini pun telah memaksa takmir masjid harus cerdas memanfaatkan temuan teknologi dalam pengelolaan masjid.

“Takmir perlu melakukan inovasi program digital dan kolaborasi dengan stakeholder masjid. Diantaranya adalah inovasi digitalisasi keuangan masjid dengan bank syariah yang ada di DIY melalui Bank BPD DIY Syariah yaitu dengan program QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) dan Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU). Jadi sumber penerimaan dana masjid selain infaq dan shadaqah dapat berasal dari dana wakaf uang apabila masjid telah menjadi nazhir wakaf uang,” terangnya di Yogyakarta, Rabu (17/2).

Prof Muhamad menuturkan tidak kurang dari 7.000 masjid ada di DIY, namun sayangnya mayoritas keberadaan masjid tersebut masih menghadapi berbagai kendala. Seperti kebijakan pembatasan yang diberlakukan di DIY telah berdampak pada ditutupnya sebagian masjid dan berkurangnya masyarakat beribadah di masjid. Kondisi ini berdampak pada menurunnya jumlah penerimaan masjid dari para jamaah dan donatur temporer. “Dalam kondisi seperti ini perlu kecerdasan pengurus masjid melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi. Salah satunya memanfaatkan teknologi digital dalam menjaring dana infaq, shadaqah atau donasi lain dari masyarakat melalui Bank BPD DIY Syariah,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI