Bantu Literasi Tuna Netra, Produk Mahasiswa UAD Juara 1 LKIN

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kreatifitas mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan kembali meraih prestasi ditingkat nasional. B-Netra, meraih juara 1 Lomba Karya Ilmiah Nasional (LKIN) Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (Prisma) di Universitas Mataram, 27-28 Juni lalu.

B-Netra atau Braille Netra adalah karya mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terdiri dari Gilang Aditya, Aristia Indriani, A Dewi Puspita.

Ragil Kurniawan MPd (dosen pembimbing) dan Dr Sri Tutur Martaningsih MPd (Kaprodi PGSD) mengatakan, B-Netra meraih juara 1 dan best paper di Universitas Mataram secara online. “Karya ini dimenangkan setelah terseleksi dari 259 tim, 74 universitas di Indonesia,” ujar Sri Tutur Martaningsih, Selasa (30/06/2020).

Ragil Kurniawan menjelaskan, B-Netra merupakan kombinasi buku bacaan cerita untuk tuna netra dan Youtube berbentuk penjelasan suara yang bisa diakses pakai QR. Buku bacaan untuk siswa tuna netra yang isinya kombinasi antara cerita dan diskripsi kontekstual tentang hal-hal yang khas dari suatu daerah.

Ragil Kurniawan memberi contoh, ada cerita rakyat rimpang atau empon-empon. Kemudian ada penjelasan apa itu empon-empon. Di buku itu ada barang empon-emponnya. Kenapa di dimasukkan empon-emponnya agar siswa tuna netra yang tidak bisa melihat dan hanya bisa meraba, sehingga dengan perabaan dan bahkan penciuman tersebut siswa tuna netra bisa membedakan antara empon-empon satu dengan empon-empon yang lain.

Ragil Kurniawan memberi contoh lain, dalam produk ada dedaunan. “Ada cerita dedaunan, deskripsinya dan bentuk daunnya,” ujarnya.

UAD

BERITA REKOMENDASI