Bantuan Bagi Seniman dan Budayawan, DPRD Kota Yogya Usulkan Tiga Skema

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD Kota Yogya mengusulkan ada tiga skema bantuan bagi kalangan seniman dan budayawan yang terdampak Covid-19. Skema tersebut ialah bantuan dari pemerintah pusat, DIY dan Pemkot Yogya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogya M Ali Fahmi menilai, di masa pandemi Covid-19 ini para seniman dan budayawan sepi kegiatan dari berbagai penyelenggaraan seni budaya di Kota Yogya. “Hal ini tentunya sangat diperlukan bantuan dari pemerintah sebagai wujud perhatian, dukungan dan kepedulian pemerintah,” katanya, Sabtu (13/6).

Tiga skema bantuan itu juga tetap mendasarkan pada penguatan verifikasi data supaya tidak dobel dari program yang sudah digulirkan oleh Kementerian Sosial. Ada 283 orang yang terdata sebagai calon penerima bantuan. Kemudian terverifikasi ada 59 orang yang sudah menerima bansos dari pusat, DIY maupun Pemkot. Di samping itu terdata 134 orang yang sering pentas di tempat wisata, dan terverifikasi ada 22 orang yang sudah menerima bansos.

“Kita harapkan ada tiga pintu bantuan dari pemerintah pusat, DIY dan Pemkot sehingga diperlukan sinergi. Dalam hal ini Kemendikbud, Dinas Kebudayaan DIY dan Dinas Kebudayaan Kota untuk bersama-sama memberikan bantuan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI