Banyak Hajatan, Harga Telur di Yogya Terus Meroket

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga telur ayam di beberapa pasar tradisional di Yogya naik menjadi Rp 23,500 per kilo. Naiknya harga ini sudah dirasakan warga dan para pedagang sekitar sepekan terakhir ini.  

Di pasar Condongcatur, kenaikan harga telur dirasakan oleh banyak penjual. Hal yang sama juga dirasakan oleh penjual telur yang ada di pasar Gowok. Harga telur diperkirakan akan terus melambung hingga Ramadhan mendatang. 

"Harga beli dari pemasok naik, akhirnya saya jual dengan harga Rp 23,500 itu juga baru dua hari ini dari harga Rp 21,500," tutur Sum salah satu penjual di pasar Condongcatur kepada KRJOGJA.com, Selasa (26/03/2019). 

Naiknya harga telur ayam menurut Sum dikarenakan memasuki 'Bulan Ruah' dimana kebutuhan telur lebih banyak digunakan untuk beragam hajat keluarga. Sum menambahkan faktor naiknya harga telur juga disebabkan permintaan masyarakat khususnya industri rumahan pada saat ini tinggi. 

Hal senada diungkapkan oleh Nita pedagang lain di pasar Condongcatur. Bulan Maret menjelang puasa menurutnya merupakan bulan yang sangat bagus dimana masyarakat banyak menggelar hajatan atau mantenan. Tidak hanya itu, kenaikan harga telur juga disebabkan karena adanya Bantuan Sosial (bansos) yang diturunkan kepada masyarakat naik namun stok telur di pasar standar. 

"Kalau bansos turun, itu alokasi kesana banyak banget dan pasar harus memenuhi kuotanya padahal permintaan pasar juga tetep naik. Jadi permintaanya lebih stoknya segitu-gitu aja," katanya.

Hal berbeda dikatakan oleh Ibu Wasinah pedagang di pasar Gowok. Menurutnya harga telur ayam memang mengalami kenaikan. Namun tidak seperti yang diungkapkan Sum dan Nita, melainkan karena pangan untuk ayam naik sehingga berdampak kepada nilai jual telur di pasar.

"Saya beli telur langsung dari peternaknya di Kaliurang. Dari ternaknya naik jadi saya belinya juga naik. Akhirnya telur ayam yang saya jual juga ikut naik," kata ibu Wasinah. Wasinah menjual telur dagangannya Rp 23.000 dari harga semula Rp 22.000 ribu. (Ive)

BERITA REKOMENDASI