Banyak Kenangan, Buku Lawas Hadir Kembali di Pasar Kangen Jogja

YOGYA, KRJOGJA.com – Pasar Kangen Jogja 2019 sudah digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sejak Jum'at (12/07/2019). Ada yang menarik perhatian dari cerita salah satu pedagang barang-barang lawas. Mulai uniknya suatu barang hingga cara mendapatkan barang yang dijual.

Seperti cerita dari Bagas (27) salah satu pedagang buku lawas di Pasar Kangen Jogja. Bagas hampir setiap tahun menjadi bagian dari gelaran tahunan itu. Kepada KRJOGJA.com, dia menceritakan ada salah satu buku yang dia jual dan kerap menjadi lorong waktu oleh pembeli yaitu buku asmara kisah romansa. 

"Ada buku romansa, bukan untuk membaca dan mempelajarinya kembali, namun buku ini bisa menjadi obat nostalgia (kenangan) bagi para pelaku (dahulu) yang pernah membacanya dengan situasi berbeda saat ini," kata Bagas saat dijumpai, Sabtu (13/07/2019).

Karena pada masanya, lanjut Bagas, buku ini dibaca dengan cara sembunyi-sembunyi. Jika dibandingkan saat ini, orang bisa saja membaca dan melihatnya melalui smartphone. 

"Waktu mudanya mereka nyolong-nyolong baca di kamar mandi sampai ke tempat sepi. Karena jika kepergok orang tua, mereka akan terkena marah toh," ujarnya.

Berangkat dari gemar membaca, dia bisa membeli dan menukar buku kepada kawannya dengan harga yang murah. Sehingga buku yang dia jual di pasar kangen jogja, langusung dia bawa dari rumahnya. 

"Sejak lima tahun terakhir sudah mengumpulkan buku lawas, katika ada pasar kangen ikut meramaikan sembari berjualan. Karena buku lawas tujuannya untuk mengembalikan kenangan lama," jelasnya.

Selain buku romansa, Bagas juga menjual buku lawas bersejarah, komik, majalah hingga ilmu otomotif. Setiap buku, dia jual dengan kisaran harga Rp 25.000 – Rp 40.000 rupiah. (Ive)

BERITA REKOMENDASI