Barahmus DIY Wujudkan Yogya Kota Museum

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Umum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd dalam pengantar Sidang Pleno menyatakan tekad untuk mewujudkan Yogya sebagai Kota Museum. Sehingga predikat Yogya bertambah lagi, disamping predikat lainnya Kota Pelajar, Kota Pariwisata, Kota Budaya.

“Saat ini anggota Barahmus DIY 40 Museum dan akan bertambah 2 lagi,” ungkap Ki Bambang dalam Pembukaan Raker Barahmus DIY 2022, Senin (20/6) di Jambuluwuk Malioboro Hotel.

Kemudian untuk menghidupkan museum juga akan dibentuk Koperasi Barahmus DIY yang akan menyediakan souvenir-souvenir menarik dan lainnya. “Raker ini juga akan merumuskan rencana Musda 2023,” jelasnya.

Sebelumnya Kabid Pemeliharaan Sejarah Bahasa dan Sastra Permuseuman Disbud DIY Drs Budi Husada dalam kesempatan ini menyampaikan materi “Pengembangan Museum DIY melalui Pemanfaatan My Travelku”, dan paparan materi dari Kepala Museum Ullen Sentanu KRHT Daniel Haryodiningrat yang menyampaikan materi “Konsep Disain yang Terintegrasi”.

Raker dibuka Kadinas Kebudayaan Dian Lakshmi Pratiwi SS MA “Tema “Mewujudkan Museum Yang Inovatif dan Kreatif” sebagai bentuk apresiasi terhadap museum yang tetap bersemangat berkreasi dan tetap berupaya pada masa pandemi, dimana kunjungan museum secara offline mengalami penurunan yang cukup drastis,” ujarnya

Dikatakan Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY pada Sub Kegiataan Pemeliharaan dan Pengembangan Permuseuman tetap melakukan kegiatan di masa adaptasi kebiasaan baru dengan menfasilitasi Wajib Kunjung Museum (WKM) dengan tujuan dibeberapa museum.

Sedangkan Ketua Panitia Raker Gatot Nugroho SPt menyebutkan Raker diikuti 53 pesertadari para nara sumber, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas, Pimpinan dan Pengurus Barahmus DIY, Kepala Museum Anggota Barahmus DIY dan tamu undangan. “Raker didukung sepenuhnya Dinas Kebudayaan DIY dengan Dana Keistimewaan DIY, secara teknis juga dibantu staff Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Duta Museum DIY,” jelasnya. (Vin)

 

 

BERITA REKOMENDASI