Barahmus DIY Ziarah ke Makam Para Pendiri

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Rangkaian peringatan 50 tahun Badan Musawarah Musea (Barahmus) DIY tahun 2021 panitia menyelenggarakan ziarah ke makam para pendiri. Acara ziarah dipimpin oleh Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo di Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara dan Taman Wijayabrata Tamansiswa, Minggu (8/8).

“Ziarah kami lakukan secara sederhana,dan sesuai protokol kesehatan,” jelas Ki Bambang Widodo dalam rilisnya. Di TMPN Kusumanegara menziarahi makam Letkol Inf R Supandhi Ketua Umum Barahmus DIY yang pertama. Kemudian di Taman Wijayabrata menziarahi makam Ki Nayono yang juga pernah menjadi Ketua Barahmus DIY.

Pada kesempatan ziarah di Taman Wijayabrata Tamansiswa, Nyi Wikanningsih SPd putri almarhum Ki Nayono, menyerahkan buku karya Ki Nayono berjudul ‘Damar” kepada Dewan Penasehat Barahmus DIY Drs Budiharja MM. Buku tersebut menguraikan Barahmus DIY, didirikan pada musyawarah para kepala dan wakil museum DIY tanggal 7 Agustus 1971 bertempat di Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa. Peziarah terdiri dari Pengurus Barahmus DIY dan Panitia Panitia 50 Tahun Barahmus DIY.

Ki Bambang Widodo menyebutkan, anggota Barahmus DIY ada 38 museum yang terdiri dari museum pendidikan, budaya dan perjuangan. Selama pandemi Covid-19, museum-museum menyesesuaikan ketentuan Pemerintah tentang PPKM Darurat level 4. Untuk beberapa museum swasta ada yang tetap melayani pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (War)

 

BERITA REKOMENDASI