Bareng Jawa Tengah, DIY Berpeluang Tuan Rumah PON 2028

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY berkesempatan menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Nasional (PON), seiring dengan diserahkannya Surat Keputusan (SK) No. 71 Tahun 2020 tentang Penetapan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara sebagai Tuan Rumah Pelaksana PON XXI Tahun 2024 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. DIY bersiap mewujudkan impian menjadi tuan rumah pada 2028 mendatang.

“Ya memang pada saat kita ‘launch’ dan wacanakan sebelumnya untuk tahun 2028, setelah tahun 2024, kita mencoba untuk berani bersama dengan provinsi terdekat, untuk menjadi Tuan Rumah PON. Respon cukup bagus, hanya memang kita perlu dukungan semua pihak, dalam hal ini pemda, masyarakat, dan sebagainya. Tinggal bagaimana kita mencari anggaran, oleh karena kita tandem dengan mungkin Jawa Tengah yang lebih representatif itu, saya kira menurut saya kok mampu. Hanya saja nanti kita tinggal akan komunikasi lagi dengan Pemda (DIY),” ungkap Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) Prof Djoko Pekik Irianto, Jumat (20/11/2020).

Dinamika yang terjadi dalam ketentuan PON XXI Tahun 2024 dan rangkaian proses turunnya SK yang mencantumkan dua provinsi sebagai tuan rumah tersebut cukup luar biasa tinggi. Terlebih pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2007 mengenai Pencalonan Tuan Rumah PON, hanya mencantumkan satu provinsi sebagai tuan rumah, hingga kemudian akhirnya direvisi.

“Nah kemarin sudah ada berita yang kita dapat bahwa PON XXI tetap diadakan di tahun 2024, tentu kita sambut baik. Dan kalau muncul lagi wacana (DIY sebagai Tuan Rumah PON berikutnya) itu, tentu kita dorong lagi. Sekarang kita konsentrasi ke PON XX 2021 dahulu, mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga pada tahun 2021 harapan kita sudah bisa ‘running’ lagi,” imbuhnya.

PON

BERITA REKOMENDASI