Baroto Wijatun Pimpin Percasi Yogya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Baroto Wijatun SPd resmi menjabat sebagai Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Catur untuk periode 2018-2022 menggantikan Inung Nurzani SSos yang mengundurkan diri. Pengukuhan Ketua anyar di Pengkot Percasi Yogya dilakukan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Daerah (Pengda) Percasi DIY, Drs Bambang Wisnu Handoyo.

Dalam pelantikan yang dilangsungkan secara sederhana di kediaman Ketum Pengda Percasi DIY, Jalan Glagahsari, Yogya, Selasa (3/11/2020), Bambang Wisnu kembali menegaskan bahwa regenerasi atlet itu sangatlah penting dan menjadi bagian utama dalam pembinaan olahraga. Bahkan jika dalam sebuah kejuaraan atlet yang ikut dalam beberapa tahun tidak berubah, dipastikan pembinaannya telah gagal.

“Yang menjadi persoalan adalah, kita harus punya ukuran bahwa atlet yang bertanding dalam tiga kali even yang sama, itu menjadi indikator kegagalan pembinaan kita. Saya mengenal sebuah cabang olahraga sejak tahun 80-an, tapi yang main di Porda itu atletnya hanya itu-itu saja, itu menjadi indikator bahwa kita tidak bisa membuat atlet,” ujarnya.

Atas hal tersebut, Bambang berpesan kepada pengurus Percasi Yogya yang anyar untuk bisa melakukan regenerasi pecatur dengan mulai menyiapkan program-program pembinaan secara serius. Langkah awal yang perlu dilakukan diantaranya mengidentifikasi berapa jumlah klub catur dan pelatih yang ada di Kota Yogya.

Selain itu, Bambang juga menekankan pentingnya sertifikasi pelatih yang melakukan pembinaan pada pecatur-pecatur di Kota Yogya. “Mungkin nanti polanya bisa, untuk pelatih di klub tingkat kecamatan itu sertifikasinya tipe A. Kalau klub di kabupaten/kota beda lagi, yang penting polanya terukur. Saat ini banyak yang bilang bisa latihan sendiri dengan youtube dan sebagainya, tapi saya yakin hasilnya akan beda saat atlet ini dilatih dalam sebuah klub,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI