Tiba di Yogya, Sebaiknya Isolasi Diri 14 Hari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim gugus tugas penanganan Covid-19 meminta warga DIY yang baru datang dari luar kota untuk mengisolasi diri paling tidak 14 hari. Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah pencegahan penularan virus Corona yang kemungkinan dibawa dari luar daerah.

Seperti diketahui, pasca Jakarta meliburkan pekerja dan siswa, tak sedikit yang memilih kembali ke daerah salah satunya di DIY. Hal tersebut tentu membawa resiko penyebaran virus mengingat lima kasus positif di DIY seluruhnya merupakan imported case di mana warga tertular saat berada di luar kota.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengungkap pihaknya sudah menyampaikan pada Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten/kota untuk menaruh kewaspadaan lebih pada para pendatang. “Para pendatang juga sudah diberikan edukasi untuk isolasi mandiri (14 hari), dan apabila ada gejala agar langsung ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan lanjutan,” ungkapnya pada wartawan Rabu (25/03/2020).

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X juga meminta masyarakat DIY untuk sementara waktu tidak bepergian keluar kota terutama zona merah penyebaran Virus Corona. Sultan meminta masyarakat DIY untuk tinggal di rumah sementara waktu apabila tak ada keperluan penting dan mendesak yang harus dilakukan. (Fxh)

BERITA TERKAIT