Batu Andesit di Sekitar Tugu Rusak, Jalanan ‘Njeglong’

YOGYA (KRjogja.com) – Pengguna jalan di simpang empat Tugu Yogyakarta diminta lebih berhati-hati. Pasalnya, batuan andesit yang ada di sebelah selatan barat Tugu Pal Putih mengalami kerusakan di mana beberapa batu terlepas dan membentuk lubang.

Seperti tampak dalam pantauan KRjogja.com Jumat (16/9/2016) di mana ada beberapa lubang yang tercipta karena batu andesit yang terlepas. Kendaraan terutama roda dua pun tampak terganggu saat melintas di lokasi lubang dan berusaha menghindarinya.

Tidak sedikit pengendara motor yang tak sempat menghindar dan membuat mereka terpaksa mengurangi kecepatan tiba-tiba yang juga menbahayakan pengguna jalan lainnya. Rusaknya andesit di kawasan Tugu menurut warga sekitar sudah terjadi lebih dari satu bulan lalu.

"Kalau sebulan saja sudah ada, tapi memang jadi lebih parah karena batu-batunya terangkat. Jalannya jadi ada "jeglongannya", harus hati-hati sampai dibenerin instansi terkait," ungkap Timan Paryono salah satu warga yang ada di sekitar Tugu.

Di sosial media seperti facebook dan instagram pun banyak warga yang mengomentari banyaknya jeglongan di simpang empat Tugu Yogyakarta. Di instagram misalnya, tak kurang 528 orang menyukai postingan salah satu komunitas masyarakat yang memperlihatkan lubang di kawasan Tugu Yogyakarta.

"Nggowo semen wae lur, di semen dewe daripada nunggu digarap. Kapan kae wes mangan korban e. (Bawa semen sendiri saja lur, di semen sendiri daripada menunggu diperbaiki. Kapan waktu sudah memakan korban)," tulis akun instagram Rifky Ferdi Pradana. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI