Bayar PBB di Yogyakarta Kini Bisa Pakai GoPay

YOGYA, KRJOGJA.com – GoPay mengumumkan kerja samanya dengan Bank Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank BPD DIY), Rabu (11/9/2019). Melalui kerja sama ini, masyarakat Yogyakarta akan bisa melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menggunakan GoPay lewat fitur GoBills yang tersedia di aplikasi Gojek.

Selain untuk semakin memudahkan masyarakat Yogyakarta dalam melakukan pembayaran PBB, kolaborasi ini juga bertujuan untuk membantu memaksimalkan potensi penerimaan daerah Provinsi DIY. Kerja sama ini ditandai oleh penandatanganan Nota Kesepahaman antara GoPay dan Bank BPD DIY yang disaksikan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X  di Yogyakarta, Rabu (11/9) pagi.  

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah maupun masyarakat dalam bertransaksi. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu mendukung upaya reformasi birokrasi dan transparansi finansial yang diusung oleh Pemda DIY.

Baca : Respon Bos Taksi Malaysia, 500 Driver Gojek Yogya Atraksi Kebangsaan

Ia mengatakan Bank BPD DIY telah memiliki beberapa layanan berbasis digital yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi finansial termasuk didalamnya pembayaran pajak dan retribusi daerah. "Melalui kolaborasi dengan GoPay ini masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan chanel untuk melakukan transaksi pembayaran,” kata Santoso Rohmad.

Bank Indonesia juga meyakini bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mengalami peningkatan signifikan hingga rata-rata 11% apabila pemerintah daerah memanfaatkan transaksi nontunai. Sambutan positif juga disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dalam  sambutannya yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Sultan menyatakan selain memberikan keuntungan finansial kepada pemerintah, elektronifikasi juga mendukung transparansi pengelolaan keuangan pemerintah sekaligus efisiensi sumber daya dalam proses pembayaran tagihan dan pembayaran yang berhak diterima pemerintah. "Dalam ruang lingkup yang lebih luas, kerja sama ini akan mendukung proses reformasi birokrasi di Pemda DIY,” kata Sultan dalam sambutannya.

Head of Sales GoPay, Arno Tse mengatakan, pengembangan inovasi ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memaksimalkan transaksi nontunai dalam transaksi keuangan pemerintah.  Sebagai fintech karya anak bangsa, GoPay terus berupaya untuk mendukung cita-cita tersebut dengan menghadirkan kemudahan pembayaran nontunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak.

"Kami berharap bahwa kerja sama kami dengan Bank BPD DIY ini tidak hanya akan memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dalam mengumpulkan pajak sehingga menjadi lebih aman dan transparan,“ ujar Arno Tse.

Sebelumnya, GoPay juga sudah menandatangani Nota Kesepahaman dengan beberapa Bank BPD lainnya untuk menghadirkan kemudahan transaksi nontunai menggunakan GoPay untuk pembayaran retribusi dan pajak daerah.

“Kami terus membawa semangat yang sama untuk memudahkan masyarakat dan mendukung pemerintah daerah mewujudkan layanan publik yang aman dan transparan dengan menghadirkan teknologi pembayaran nontunai di tengah-tengah masyarakat. Ke depannya, kami pun berharap agar manfaat inovasi transaksi non-tunai untuk pembayaran pajak ini bisa dirasakan oleh daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia,” tutup Arno. 

Selain kerja samanya dengan Bank BPD DIY kali ini, GoPay sendiri juga telah menggandeng lebih dari 18.000 rekan usaha di Yogyakarta di mana 90% di antaranya adalah pengusaha mikro. (Apw)

BERITA REKOMENDASI