Baznas DIY Bagi 1.000 Paket Logistik+Multivitamin

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Para penyuluh dan guru agama juga mendapat perhatian dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Daerah Istimewa Yogyakarta melalui program Gerakan Sosial Peduli Masyarakat terdampak Covid-19. Wujudnya berupa pemberian bantuan 1.000 paket logistik berupa bahan pokok dan multivitamin.

Penyerahan bantuan dilakukan Ketua Baznas DIY Hj Puji Astuti Msi, Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr H Masmin Afif MAg, dan Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY H Jarot Margiantoro di Ruang 1 Kanwil Kemenag DIY, Jumat (13/08/2021). Secara simbolis bantuan diserahkan kepada wakil dari PW Muhammadiyah DIY, wakil PW Muslimat NU DIY dan wakil Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), disaksikan Kepala Bidang Penaiszawa Sigit Warsita yang juga Koordinator UPZ Kanwil Kemenag DIY.

Ketua Baznas Hj Puji Astuti, menjelaskan, kegiatan ini atas kerjasama Pemda DIY, Baznas DIY, UPZ Kanwil Kemenag DIY dan Pokjaluh DIY. “Baznas DIY menyiapkan 1.000 paket bantuan berupa logistik dan multivitamin yang penyalurannya bekerjasama dengan UPZ Kanwil Kemenag DIY dan Pokjaluh DIY. Ini merupakan ikhtiar kita dalam penanggulangan Covid-19,” katanya.

Selain itu Baznas DIY juga mempunyai sejumlah program penanganan Covid-19. Antara lain Kita Jaga Kiai (KJK) berupa vaksinasi dan pemberian bantuan paket imun. Juga pemberian bantuan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (Isoman). Beberapa waktu lalu juga dua kali melakukan screening Covid-19 di Ponpes Bumi Cendekia Sleman dan vaksinasi untuk 500 kiai dan santri di Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Kakanwil Kemenag DIY, Dr H Masmin Afif MAg menyambut antusias program tersebut, karena bisa meringankan masyarakat yang terdampak Covid-19. Apalagi para penyuluh dan guru agama merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Mereka juga berperan penting dalam mengingatkan agar masyarakat terus berpartisipasi aktif dalam menghentikan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. “Kita harus bahu membahu, dalam membantu warga yang terdampak Covid-19,” tambahnya.

Sedang Kepala Biro Bina Mental Setda DIY, H Jarot Margiantoro mengapresiasi adanya kepedulian ini, sebab kepedulian akan menumbuhkan toleransi dan kebersamaan. “Terimakasih atas sumbangsih kemanusiaan ini. Mari kita semua berusaha mewujudkan masyarakat DIY yang sehat dan sejahtera,” tegasnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI