Baznas-Kadin Jalin Kerjasama

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menmpunyai banyak kesamaan dalam kiprahnya di tengah-tengah masyarakat. Antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga mereka yang semula merupakan mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) pada akhirnya nanti menjadi muzakki atau orang mampu dan sudah berkewajiban membayar zakat.

Karena itu pengurus Baznas DIY dan Kadin DIY sepakat untuk menjalin kerjasama. “Kita memang mesti harus berkolaborasi. Banyak yang bisa kita lakukan bersama, antara lain menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru dengan membuat berbagai program pelatihan. Kami sudah mempunyai banyak instruktur yang bersertifikat internasional,” kata Robby Kusumaharta, Wakil Ketua Umum bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY, Kamis (25/11/2021) saat menerima pengurus Baznas DIY di Kantor Kadin DIY Jalan Sultan Agung Yogyakarta.

Pada kesempatan ini Robby Kusumaharta antara lain didamping Timotiyus Apriyanto, Dina, Y Sri Susilo, dan Syahbenol Hasibuan. Sedang dari Baznas terdiri ketuanya, Dra Hj Puji Astuti MSi, Waka 1 Dr H Munjahid, Waka 4 HA Ahmad Lutfi dan pelaksana bidang 1 Dedi Hermawan. “Selama ini kami juga mempunyai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY. Antara lain melalui program DIY Taqwa, DIY Cerdas, DIY Sehat, DIY Sejahtera dan DIY Peduli.

Pada kesempatan ini, Puji Astuti juga menyampaikan tentang pentingnya para Muzaki menyisihkan sebagian ZIS dan disetorkan ke Baznas sebagai lembaga pengelola zakat resmi pemerintah. Selain memberikan edukasi tentang ZIS, Baznas DIY juga memberikan tawaran tentang dana CSR milik KADIN DIY, agar pentasarufannya dapat melalui Baznas DIY. “Semakin banyak yang menyalurkan ZIS melalui Baznas DIY, kami semakin leluasa bergerak dalam membantu masyarakat,” tegasnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI