BBPPKS Yogya Sudah Latih 4.371 Pendamping PKH

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun 2020, BBPPKS Yogya melatih 4.371 orang pendamping PKH dalam Diklat P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga). Luasnya wilayah Kerja Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta menjadikan BBPPKS Yogya memiliki Peserta Diklat P2K2 Pendamping PKH terbanyak di antara Balai balai Diklat Kemensos lainnya.

“Wilayahnya meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur DIY, Bali NTT dan NTB yang sebagian besar merupakan kantong-kantong Para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Program Keluarga Harapan,” kata Kepala BBPPKS Yogyakarta, Dra. Murhardjani,MP, saat memberikan penguatan kepada peserta diklat gelombang terakhir.

Ditambahkan, PKH yang merupakan Program Berbasis Keluarga bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial. Untuk itu Pendamping PKH berperan agar para KPM berdaya dan meningkat statusnya dari keluarga Pra sejahtera menjadi keluarga Sejahtera Mandiri.

Menurut kepala BBPPKS Yogyakarta, pendamping PKH harus berperan membuka akses bagi KPM ke fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan fasilitas pelayanan lainnya. Kedepan Komponen penerima bantuan juga akan ditambah satu lagi yakni bagi penderita TBC.

BERITA REKOMENDASI