Bebas Ongkir Sibakul Jogja, Wujud Nyata Keberpihakan Pemda DIY Kepada UMKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Setidaknya 1.500 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY sudah masuk dalam markethub bebas ongkos kirim atau free ongkir melalui SiBakul Jogja yang diinisasi Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY. Jumlah tersebut masih sedikit dibanding jumlah UMKM yang terdata di SiBakul Jogja yang mencapai sebanyak 285.000 UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan Sibakul Jogja merupakan pusat data koperasi dan UMKM Pemda DIY sekaligus mengintegrasikan seluruh kegiatan pembinaan koperasi dan UMKM di wilayah DIY yang telah diluncurkan sejak 2019 lalu. Tujuannya untuk menjaga soliditas, keterbaruan, akurasi dan integrasi data koperasi dan UMKM. Hal ini sangat membantu memberi gambaran yang tepat postur kekuatan koperasi UMKM di wilayah DIY, sehingga pembinaan koperasi maupun UMKM dapat diarahkan secara tepat efektif dan berdampak.

“SiBakul Jogja bertransformasi menjadi MarketHub seiring adanya badai pandemi Covid-19. Kami menyalurkan stimulus kepada UMKM terus memasarkan produknya dengan difasilitasi pemasaran melalui daring. Bahkan, UMKM yang produknya terbeli dibantu dengan keringanan bebas ongkos kirim yang biaya ditanggung pemerintah daerah. Intinya SiBakul ini kita buat sebagai media UMKM membantu pemasaran mereka, jadi yang free ongkir adalah bentuk investasi Pemda DIY dalam memberdayakan UMKM” paparnya di Yogyakarta, Minggu (14/3).

BERITA REKOMENDASI