Begini, Bahaya Konsumsi Jamu Ilegal

YOGYA (KRjogja.com) – Guru Besar Fakultas Farmasi UGM Prof Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt mengatakan jamu tradisional yang dicampur bahan kimia obat ini sangat berbahaya karena tidak ada aturan pemakaian (dosis) yang tepat. 

Menurut Prof Agung Endro jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh seperti ginjal dan merusak sistem saraf pusat. Karena itu, perlu diberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya obat-obatan ilegal tersebut, disamping regulasi dan pengawasan yang ketat.  "Penindakan terhadap pengedar obat tradisiobal ilegal ini harus tegas dan memberi efek jera," katanya. 

Kepala Balai POM DIY I Gusti Ayu Adhi Arya Patni mengatakan Tim Balai POM yang datang bersama pihak Kepolisian Polda DIY dan Kejaksaan berhasil mengamankan tak kurang 25. 207 kemasan obat-obatan ilegal. 

Menurut pengakuan R, kata I Gusti Ayu Arya Patni obat-obatan tersebut biasanya didistribusikan ke kios-kios jamu yang ada di wilayah Yogyakarta. "R ini juga punya kios di Beringharjo, dan sementara kita mintai keterangan untuk pengembangan lebih lanjut," imbuhnya. (Dev/Fxh)

BERITA REKOMENDASI