Begini Kemegahan Mandala Krida Setelah Direnovasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Tak lama lagi, DIY bakal menambah satu stadion megah setelah renovasi menyeluruh Stadion Mandala Krida rampung dikerjakan. Stadion yang mendapatkan alokasi Rp 35 miliar dari APBD DIY inipun dipastikan jadi yang paling megah ketika bisa digunakan awal 2019 mendatang. 

Menurut pantauan KRjogja.com Minggu (16/9/2018), rumput Zoyzia Matrella Linn Merr sedang dalam proses penanaman dan terus mendapat perawatan. Dipastikan, rumput tersebut nantinya bakal membuat Mandala menyamai kualitas Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. 

Rumput yang per meternya berharga antara Rp 45 hingga 70 ribu di Pulau Jawa ini mulai terlihat hijau. Penyiraman dan pemupukan teratur tinggal dilakukan untuk memastikan rumput tumbuh dengan maksimal kualitasnya. 

Sementara untuk lintasan lari yang juga menggunakan bahan sintetis sesuai standar internasional kini mulai dipasang lapisan karet dalam. Sebelumnya, dilakukan pengecoran beton yang juga membuat lintasan tersebut memiliki kualitas baik. 

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Ir Edy Wahyudi mengatakan Mandala Krida nantinya akan menjadi sangat mewah untuk kategori stadion olahraga. Pasalnya, ada beberapa keunikan yang disematkan di stadion yang berada di kompleks olahraga Jalan Kenari ini. 

“Lintasan atletiknya nanti akan ada dua warna. Satu warna merah bata, bagian lainnya nanti ada yang coklat muda dan katanya ini (lintasan atletik dua warna) jadi yang pertama di Indonesia. Untuk penyiramannya, nanti penyemprot airnya akan muncul otomatis dari bawah rumput di lapangan dan kerannya yang ada di beberapa titik, bisa berputar,” ungkapnya. 

Mandala Krida nantinya bisa digunakan pada tahun 2019 mendatang meski masih harus diberikan penambahan fasilitas seperti lampu stadion, single seat dan genset untuk suplai listrik. “Paling penting memang lampu dan genset karena untuk main malam dan juga pengoperasian kelistrikan termasuk penyemprotan otomatis menggunakan tenaga genset. Namun 2019 nanti diharapkan sudah bisa digunakan,” ungkapnya lagi. 

Selama ini, meski menyandang status stadion milik pemda DIY, Mandala Krida menjadi kandang bagi klub Liga 2 PSIM Yogyakarta. Nantinya apabila mendapatkan ijin menggunakan Mandala Krida, tentunya PSIM akan menjadi tim yang memiliki kandang cukup mewah di Liga Indonesia, termasuk sangat layak untuk berada di Liga 1. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI