Begini Kondisi Keben Jelang Upacara Grebeg Syawal

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat terus melangkahkan kaki ke kawasan Keben Kraton Yogyakarta untuk menyaksikan prosesi Grebeg Syawal yang dilaksanakan Senin (26/6/2017) hari ini. Meski baru menyaksikan persiapan prajurit Kraton saja namun mereka tampak antusias menikmati proses demi proses yang dijalani.

 Sejak pukul 08.00 WIB para prajurit sudah bersiap di Keben. Prajurit Lombok Abang, Prawirotomo, Wirobrojo, Patangpuluh, Mantrijero, Bugis dan Surakarsa pun mulai bersiap dengan dipimpin langsung Manggala Yudha, GBPH Yudhaningrat.

Pukul 09.30 WIB para prajurit mulai memasuki Bangsal Sitihinggil untuk kemudian menuju Pagelaran dan nantiya mengawal tujuh gunungan ke Masjid Gede Kauman, Kepatihan dan Pakualaman. Di Keben, warga terus menantikan prosesi diangkatnya gunungan dari Bangsal Ponconiti oleh abdi dalem Kraton Yogyakarta.

Purnomo Edi (29) salah satu warga yang turut menyaksikan prosesi di Keben menceritakan ia sengaja datang untuk menyaksikan tahapan Grebeg yang selama ini hanya dipantau dari portal sosial media dan televisi saja. "Mau datang langsung dan mencari foto, biar punya pengalaman. Rencana juga ikut rebutan gunungan di Kauman, ikut ngalap berkah," ungkapnya sembari tersenyum.

Di Alun-Alun Utara, wisatawan dan masyarakat juga tampak terkonsentrasi di jalur yang akan dilewati gunungan. Di Grebeg Syawal tahun ini Kraton membuat tujug gunungan yakni tiga Lanang, satu Wadon, Satu Darat, Satu Gepak dan Satu Pawuhan.

Lima gunungan dibawa ke Masjid Gede Kauman sementara dua gunungan Lanang akan dibawa ke Kepatihan dan Pakualaman. Nantinya setelah didoakan, masyarakat bisa ikut ngalap berkah dengan rayahan gunungan yang berisi hasil bumi tersebut. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI