Begini Proses Seleksi Putri Indonesia Asal Yogyakarta

YOGYA (KRjogja.com) – Sebanyak 20 Finalis Puteri Indonesia 2016 asal Yogyakarta lolos tahap grand final. Peserta tersebut merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan sejak September 2016 lalu.

Hal tersebut dipaparkan oleh Henrieko Mulholland selaku Marketing and Production Head Kabare Magazine yang bekerja sama dengan Yayasan Putri Indonesia, Kamis (15/12/2016), dalam kunjungannya bersama 20 finalis di HS Silver, Kotagede.

Henrieko memaparkan bahwa antusiasme pendaftar Putri Indonesia 2016 dari Yogyakarta memang besar. “Awalnya ada 80 peserta yang kami seleksi sejak September,” ujarnya. Sebanyak 80 peserta tersebut kemudian menjalani screening data yang meliputi pemeriksaan tinggi badan dan wawancara tentang skill mereka dan tentang kebudayaan Yogyakarta.

 “Untuk proses seleksi kami menggunakan Term of References (TOR) dari Mustika Ratu yang menekankan pada Brain, Beauty, Behaviour dengan tinggi badan minimal harus 170 sentimeter. Setelah itu diadakan perform dari keterampilan mereka masing-masing,” ujar Henrieko.

Melalui proses tersebut didapatkan 30 peserta finalis yang lolos tahap semifinal. Setelah itu 30 peserta diseleksi kembali dan menghasilkan 20 peserta terpilih yang pada hari ini berkunjung ke HS Silver. “20 peserta ini dikarantina selama 3 hari, sejak tanggal 14 sampai 16 Desember. Dalam 3 hari itu mereka diberi pembekalan di Eastparc, termasuk kunjungan ini. Mereka akan diseleksi lagi tanggal 17 Desember 2016,” papar Henrieko.

Dari 20 peserta yang akan naik panggung Grand Final tersebut akan menghasilkan 7 pemenang yang menggunakan selempang yaitu Juara 1, Runner up 1, runner up 2, juara harapan 1, juara harapan 2, juara harapan 3, putri persahabatan dan putri berbakat.

“Sedangkan untuk yang tidak menang, akan kami jadikan duta kabare karena kami di sini memfasilitasi value mereka, bukan sekedar untuk membuat mereka jalan di catwalk,” lanjut Henrieko. Di akhir wawancara, Henrieko mengatakan bahwa target peserta Putri Indonesia dari Yogyakarta untuk tahun depan adalah 200 peserta. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI