Bekali Softskill, Alumni Siap Terjun ke Dunia Kerja

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai instutusi kesehatan swasta pertama di Yogyakarta  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES)  Wira Husada, terus melahirkan  alumni professional. Mereka mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat baik di dalam dan luar negeri.  Alumni  STIKES selama ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. 

Berdiri 24  April  2002  dengan  ijin  Mendiknas  No.74/D/O/2002 tentang  Pemberian  Ijin  Penyelenggaraan  Program  Studi  dan  Pendirian  Sekolah  Tinggi  Ilmu Kesehatan (STIKES) Wira Husada di Yogyakarta dibawah Yayasan Wira Husada. Hingga kini institusi itu terus membangun diri dan mengembangkan sayap baik di bidang akademik maupun profesi.

Kini STIKES Wira Husada menyelenggarakan 2 (dua) program akademik yakni S1 Ilmu Keperawatan & S1 Ilmu Kesehatan Masyarakar, 1 (satu) program vokasi yaitu D3 Keperawatan, dan 1 (satu) program profesi yaitu Program Profesi Ners. Setelah 17 tahun berdiri,  STIKES Wira Husada gencar melakukan akselerasi di seluruh aspek dalam konsep Tri dharma  perguruan tinggi, meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Konsep tersebut   dikelola dan diarahkan agar memberikan kontribusi dan terciptanya sebuah aktivitas pendidikan yang selalu meningkat dari hari ke hari. Termasuk  menjawab persoalan-persoalan empirik saat ini.

Karena itu, dalam upaya  penguatan aspek tri dharma perguruan tinggi, dilakukan aktivitas-aktivitas yang bersifat inovatif, kompetitif, dan komprehensif.  Termasuk penguatan proses pendidikan serta beragam aktivitas meliputi evaluasi kualitas, evaluasi kurikulum, pengiriman dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.  Program seminar, workshop, dan pelatihan, melengkakapi dan menyempurnakan sarana dan prasarana perpustakaan, laboratorium, maupun sarana dan prasarana belajar lainnya.

Sementara aspek penelitian, penyempurnaan dan upaya-upaya  konstruktif  yang ditempuh melaksanakan penelitian dengan topik-topik relevan dengan pengembangan keilmuan khususnya di bidang kesehatan. Pencapaian akreditasi semua prodi di STIKES Wira Husada memperoleh predikat “B” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT kesehatan).  Selain itu, STIKSES Wira Husada mendapat peringkat akreditasi institusi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam perjalanannya STIKES Wira Husada sukses meningkatkan persentase kelulusan alumni dalam Ujian Kompetensi Tenaga Kesehatan. Paling terbaru yakni pencapaian lulusan Uji Kompetensi Ners STIKES Wira Husada tahun 2019 meningkat drastis dengan capaian kurang lebih 63% kelulusan.

Selain berbenah diaspek Tri dharma  perguruan tinggi,  STIKES Wira Husada telah melakukan pengembangan berkelanjutan di aspek sarana dan prasarana. Termasuk menyiapkan lahan pengembangan gedung kampus, disisi utara kampus Utama STIKES Wira Husada. Selain itu, STIKES juga melakukan pengembangan softskil mahasiswa. Mahasiswa semester dikarantina di Asrama mahasiswa STIKEs Wira Husada.  Institusi itu kini telah menyusun roadmap pengembangan softskill sejak mahasiswa pertama kali masuk hingga menyiapkan alumni benar-benar terjun kedunia kerja. Hal tersebut  dilakukan dalam rangka pembinaan karakter mahasiswa sebagai calon tenaga kesehatan dan menjawab tuntutan dari stakeholder dan masyarakat.

Prestasi yang diperoleh jadi modal berarti bagi STIKES Wira Husada untuk menapak di masa depan.  Civitas akademika STIKES Wira Husada punya komitmen membangun mutu layanan Tridharma Perguruan Tinggi. Mulai ditataran regional dan nasional, sebagai upaya menghadapi persaingan dikancah internasional. Dimasa mendatang, STIKES Wira Husada kini telah memproses re-akreditasi dengan mempertahankan akreditasi prodi dan institusi serta pendirian prodi baru.

Mengacu komitmen pencapaian STIKES Wira Husada ke depan, dan kesadaran akan iklim ketatnya kompetisi, tidak ada hal yang paling baik bagi seluruh civitas akademika STIKES Wira Husada, selain terus bekerja keras dan meningkatkan kualitas kinerja, meningkatkan kualitas layanan Tridharma Perguruan Tinggi.

 

Kampus STIKES Wira Husada Membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Tahun 2019

STIKES Wira Husada membuka pendaftaran calon Mahasiswa Baru tahun 2019. Pendaftaran dibuka dalam 4 gelombang pendaftaran yaitu

Gelombang 1 (8 Januari – 8 Juni 2019)

Gelombang 2 (20 Juni – 27 Juli 2019)

Gelombang 3 (30 Juli – 16 Agustus 2019)

Gelombang 4 (20 Agustus – 7 September 2019)

Jalur penerimaan mahasiswa baru STIKES Wira Husada terbagi atas penerimaan jalur regular (test), jalur prestasi (nilai raport), jalur penerimaan beasiswa bidikmisi, dan program alih jalur tenaga kesehatan (untuk prodi S1 Keperawatan dan S1 Kesehatan Masyarakat). STIKES Wira Husada menyelenggarakan program studi S1 ilmu Keperawatan dan Ners, Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat dan D3 Keperawatan.

Terkait dengan adiministrasi di STIKES Wira Husada  memiliki program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa, diantara beasiswa bidikmisi, beasiswa pengembangan prestasi akademik, beasiswa tidak mampu, dan beasiswa kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah di Indonesia. Kemudahan dan keringanan dalam pembayaran biaya pendidikan merupakan fokus utama STIKES Wira Husada. Karena  pendidikan merupakan bekal penting untuk membangun generasi bangsa. Sesuai dengan nama Wira Husada, institusi ini berusaha memberikan solusi membentuk generasi bangsa yang berkualitas khususnya dalam bidang kesehatan.

Untuk memudahkan calon pendaftar, seluruh proses pendaftaran mahasiswa baru STIKES Wira Husada dilakukan dengan system one day service. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan pendaftaran online melalui website www.stikeswirahsuada.ac.id. Alamat kampus STIKES Wira Husada terletak Jln. Babarsari, caturtunggall, Depok, Sleman, DIY. Telp (0274) 485113/110. Contak Person Tuti (0857-4700-7002 ) ; eva ( 0813-9244-3162); Sunaryo (0819-0402-1105). (Roy)

BERITA REKOMENDASI