Bekas Gedung DPRD DIY Bakal Dibangun Jogja Planning Gallery

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pemerintah Kota Yogyakarta akan membangun Jogja Planning Gallery pada bekas gedung dinas pariwisata dan DPRD DIY di Jalan Malioboro. Meskipun telah direncanakan sejak tahun 2018 lalu, perencanaan baru kembali dilakukan pada tahun ini.

Kepala Dinas PUP-ESDM Pemkot Yogyakarta, Anna Rina Herbranti mengatakan proses pembangunan Jogja Planning Gallery akan dilakukan bertahap, yakni menunggu selesainya pembangunan Gedung DPRD yang baru. Gedung DPRD baru berlokasi di jalan kenari dan direncanakan baru akan dibangun pada tahun 2024 mendatang.

“Dilakukan bertahap. Karena kita gak bisa membangun secara keseluruhan langsung selama DPRD belum pindah. Dan Untuk desainnya seperti apa baru akan kami sayembarakan di tahun 2022”, ujar Anna kepada media, Senin (11/10).

Jogja Planning Galerry merupakan tempat yang akan dibangun untuk menggambarkan sejarah kota Yogyakarta. Bangunan ini akan berisi segudang informasi tentang jogja baik berupa sejarah, kebudayaan, dan gambaran jogja dimasa depan. Sehingga informasi tentang jogja bisa dengan mudah diakses oleh wisatawan maupun warga lokal.

Karena berlokasi di Malioboro diharapkan Jogja Planning Galerry akan menarik wisatawan untuk berkunjung dan sekaligus mengenal potensi yang ada di Yogyakarta.

Alda Febrinela,

Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

BERITA REKOMENDASI