Belajar Online Perlu Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Belajar di rumah secara online di DIY sejak Senin (23/03/2020) lalu, berjalan dengan baik. Sejumlah aplikasi digunakan dalam proses tersebut, selain Jogja Belajar (JB) Class, juga Google Classroom, Zoom, Microsoft Teams hingga WAG. Sejumlah kepala sekolah berharap agar belajar online yang akan berakhir, Selasa (31/03/2020) besok supaya dilanjutkan sebagai upaya terus menangkal penyebaran Covid-19.

“Pembelajaran online secara jarak jauh merupakan cara pembelajaran yang paling baik dalam situasi darurat begini. Kalau ditanya seperti apa efektivitasnya, apalagi jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka ya jelas kalah efektif. Tapi ini merupakan pembelajaran yang paling minim risiko dan mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 3 Yogyakarta, Agus Santoso di Yogyakarta.

Pihaknya telah melakukan evaluasi tentang pembelajaran online. Hasil sementara, anak-anak merasa perlu melanjutkan belajar online, begitu pula dengan orangtua.

Kepala SMAN 8 Yogyakarta, Rudy Prakanto MEng mengemukakan, pembelajaran online dengan program JB Class dan program pembelajaran online lainnya cukup efektif. Siswa merespons dengan baik dan memiliki semangat tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas dari guru.

BERITA REKOMENDASI