Belasan Rumah di Gunungkidul dan Bantul Rusak Terdampak Gempa Selatan Jawa

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusdalops Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DIY merilis data kerusakan akibat gempa 5,3 SR yang terjadi di barat daya Gunungkidul, Senin (28/06/2021) pukul 05.15 WIB. Kerusakan dilaporkan terjadi di Gunungkidul dan Bantul di mana belasan rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Gempa bumi tersebut dirasakan di Bantul, Gunungkidul (III-IV MMI), Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk (III MMI), Sleman, Yogyakarta (II-III MMI), Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, Solo (II MMI). Kerusakan di Gunungkidul ditemukan di Kepanewon Purwosari, Panggang dan Kepanewon Girisubo.

Dampak yang ditimbulkan yaitu 14 rumah rusak dan 1 rumah ibadah rusak, nihil korban luka dan korban jiwa. Total kerugian berkisar Rp. 6.800.000.

Sedang di Bantul terjadi di Kepanewon Pundong, dimana 3 rumah rusak dengan total kerugian berkisar Rp 1.200.000. “Di tiga Kabupaten/kota lainnya di DIY tidak dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa pagi tadi,” terang Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Samsurizal.

Sebelumnya diberitakan, gempa yang dirasakan dari seluruh kabupaten/kota di DIY tak mempengaruhi aktivitas erupsi Merapi. Daei data BPPTKG pukul 06.00 hingga 12.00 WIB diketahui adanya 39 kali gempa guguran, 5 kali hembusan, 2 hybrid, dan 1 tekonik jauh. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI