Beli Oleh-Oleh, Jangan Lupa Perhatikan Kode Kadaluarsa

YOGYA (KRjogja.com) – Pemda DIY melalui Balai Pengawasan Obat dan Makanan (B POM) dan Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) telah melaksanakan tugas pengawasan pada 62 lokasi sentra oleh-oleh di wilayah DIY sebelum libur panjang akhir tahun kali ini. Namun demikian, wisatawan diharapkan tetap cermat dan cerdas dalam memilih buah tangan terutama makanan dan minuman.

Yuna Pancawati, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY mengharapkan masyarakat untuk menjadi pembeli yang cerdas terutama pada masa liburan seperti saat ini. Menurut dia, biasanya oknum tak bertanggungjawab banyak memanfaatkan momen di mana permintaan konsumen sedang naik.

"Kalau kita jadi pembeli harus benar-benar cermat agar tak dimanfaatkan oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi. Membeli sesuai kebutuhan, jangan berdasar keinginan," ungkapnya Senin (26/12/2016) malam.

Sementara Kepala B POM DIY I Gusti Ayu Adhi Aryapatni mengharap pembeli memperhatikan betul kode produksi yang tertera dalam kemasan produk. "Pastikan tanggal kadaluarsanya, tanyakan penjual bila memang kesulitan menemukan, ini langkah pertama yang harus dilakukan," ungkapnya.

Menurut Ayu, biasanya pemilik gerai oleh-oleh lupa mengganti barang kadaluarsa dan masih memasangnya di etalase yang mudah diakses konsumen. Dalam pemantauan 62 distributor oleh-oleh di Yogyakarta, Balai POM langsung melakukan penindakan dengan meminta pemilik toko memusnahkan makanan kadaluarsa.

"Paling tidak kita harus jadi konsumen yang cerdas, memperhatikan betul barang yang akan dibeli. Kode produksinya dilihat, teliti juga kemasannya apakah sudah rusak atau masih bagus," imbuhnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI