Benahi Fasilitas, Adisutjipto Terima Sertifikasi ISO

YOGYA (KRjogja.com) – Bandara Internasional Adisutjipto mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 dari PT United Registrar of System (URS) Indonesia di bidang mutu pelayanan jasa penumpang pesawat udara. Kamis (15/12/2016) sertifikat tersebut diserahkan oleh perwakilan PT URS kepada Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S Baskoro dan General Manager (GM) Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Agung Nur Mustofa perwakilan PT URS mengungkapkan sertifikasi tersebut diberikan setelah pihaknya melakukan audit eksternal terhadap bandara internasional Adisutjipto sejak Agustus 2016 lalu. Menurut dia beberapa komponen penilaian diukur seperti fasilitas bandara, perawatan elektronika bandara, prosedur tindakan darurat hingga pemeriksaan bagasi penumpang.

"Kita sudah lakukan audit di bandara terkait layanan penumpang meliputi keseluruhan sistem yang ada di Adisutjipto dan kami putuskan untuk memberikan sertifikat ISO 9001:2008. Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah Inggris dan sudah diakui dunia internasional, semoga setelah ini layanan penumpang di Adisutjipto semakin baik," ungkapnya.

Pihak URS sendiri akan terus melakukan pengecekan berkala pada bandara Adisutjipto terkait pelayanan penumpang. "Sertifikasi ini akan berlaku hingga September 2018 dan harapannya bisa upgrade ke ISO 9001:2015 karena itu yang terbaru saat ini," imbuhnya.

Sementara Danang S Baskoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) menyampaikan selamat pada bandara Adisutjipto karena melengkapi capaian sertifikasi ISO di 13 bandara yang dikelola oleh AP I. "Saat ini seluruh bandara yang kita kelola sudah bersertifikasi ISO dan harapannya pelayanan untuk penumpang akan semakin baik, semakin nyaman dan tentu saja aman," terangnya.

Disebutkan Danang, sertifikasi ISO di Adisutjipto bukan menjadi titik akhir tujuan pengelolaan bandara. "Kami harap semua elmen di bandara bisa konsisten memberikan pelayanan terbaik dan nantinya kita bisa menangani bandara internasional di negara lain di Asia karena kita sudah punya kompetensi," imbuhnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI