Benahi Ruang Kuliah di 30 PT, Kemenristek Dikti Siapkan Rp 1,6 Triliun

YOGYA, KRJOGJA,com – Kemenristekdikti telah menganggarkan Rp 1,6 triliun untuk perbaikan ruang kuliah yang mangkrak di 30 Perguruan Tinggi (PT). Angka ini hanya mampu memenuhi sepertiga dari total anggaran yang dibutuhkan.

"Anggaran tersebut memang naik kurang lebih 50 persen dari sebelumnya tapi masih jauh dari yang dibutuhkan. Peningkatan anggaran fokus pada penyediaan sarana prasana pendidikan sesuai portofolio Presiden Joko Widodo yang mulai tahun ini fokus pada pengembangan sumber daya manusia,” ungkap Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir saat meresmikan 12 gedung baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang merupakan bagian dari proyek ‘7 in 1 Islamic Development Bank (IDB)’, Sabtu (2/2).

Dalam kesempatan tersebut, Nasir mengapresiasi upaya UNY yang terus berusaha untuk mencetak lulusan unggulan, mengisi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) negeri ini. “Pembangunan gedung hanya salah satu cara untuk meningkatkan proses pembelajaran lebih baik khususnya pembangunan infrastuktur yang berkaitan proses pembelajaran yaitu ruang kuliah dan laboratorium. Dari 12 gedung, 9 gedung adalah laboratorium, ini sangat luar biasa karena dapat mendorong kualitas pembelajaran kedepan menjadi semakin baik. Untuk itu isi laboratorium haruslah mutakhir sesuai dengan kebutuhan industri karena akan mampu menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan industri,” ujarnya di Gedung Pertunjukan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY.

Sementara Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa mengatakan, pembangunan gedung IDB di UNY berupa 12 gedung memiliki nilai kontrak konstruksi sebesar Rp 279,541 miliar dan nilai kontrak pengadaaan furniture Rp 18.117.931.360. Harapannya dengan penambahan gedung baru dari Proyek IDB 7 in 1 UNY ini dapat mempercepat UNY menjadi Universitas Kependidikan Unggul, Kreatif, dan Inovatif berdasarkan pada ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

Gubernur DIY yang diwakili Wakil Gubernur Paku Alam X menyambut baik terselesaikannya gedung IDB UNY. “UNY berkomitmen meningkatkan layanan terbaik bagi masyarakat terutama dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu sangat
tepat apabila IDB memberi bantuan gedung untuk menunjang itu semua,” katanya. (M-1)

BERITA REKOMENDASI