Beragam Alasan Berburu Buku Murah di Pameran

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Beragam alasan orang mengunjungi pameran buku. Dari sekedar mencari buku lama, hingga sengaja mencari diskon. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh pria ini, pameran  buku dijadikan ajang 'memborong' untuk dijual kembali. Amirahman (49), seorang penjual buku (reseller) asal Gedong Kuning kerap mendatangi pameran buku murah. Menurut Amir, biasanya buku-buku terbitan lama bisa Amir dapatkan kembali disetiap pameran. Rencananya, buku yang dibeli dari pameran akan Amir jual. " Kadang-kadang si kita tidak akan menyangka  bahwa buku-buku bagus akan dihargai murah,  mungkin karena temen-temen penerbit sudah tidak menerbitkan lagi namun stok bukunya masih banyak," kata Amir, Sabtu (02/0319).

Menurut Amir, melihat harga buku yang sangat miring, Amir tidak ingin kehilangan kesemparan tersebut. Terlebih lagi Amir bisa mendapatkan beberapa penerbit dalam satu lokasi. Dari informasi yang diperoleh, Amir akan menjual buku-bukunya melalui jual beli online. "Saya banyak menjual buku novel dan komik. Apalagi komik, margin keuntunganya lebih besar dari pada buku lain," kata Amir.

Berbeda halnya Tirani Mahasiswi asal Universitas Negeri Surakarta (UNS) mengungkapkan, datang ke sebuah pameran untuk mencari  buku yang Tirani sukai. Menurutnya jika di pameran, Tirani lebih mencari buku ketimbang harganya. " Saya kebetulan lagi main ke Yogya, abis nonton konser semalam, terus saya juga tau mau ada pameran buku, sekalian aja dateng cari buku disini," kata Tirani.

Pameran buku patjah merah kerap menjadi buruan para pembaca. Menurut inisiator pameran Irwan Bajang, pameran ini menghadirkan 1 juta buku dari 100 penerbit. Selain itu, menurutnya, pameran parjar merah juga menghadirkan buku-buku murah mulai dari Rp. 5000 rupiah. Pameran berlokasi di Jalan Gedong Kuning 118, Rejowinangun, Kota Gede, Yogyakarta. Dari 2-10 Maret 2019 pukul 09:00-tengah malam. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI