Berantas Klithih, Tegakkan Hukum dan Bentuk Lingkungan Ramah Anak

YOGYA, KRJogja.com – Maraknya aksi klithih juga membuat Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil DIY, M Afnan Hadikusumo prihatin.  Aksi barbar ini tidak bisa dibiarkan, apalagi membuat jatuhnya korban.

“Penyimpangan perilaku ini kebanyakan disebabkan oleh problematika di rumah, lingkungan sosial yang mendukung, serta penerapan hukum yang tidak menimbulkan efek jera, “ ujar Afnan Hadikusumo, Kamis (2/12/2021).

Karena itu, kata cucu mantan Ketua PP Muhammadiyah, Ki Bagus Hadikusumo ini, kunci untuk memberantas klithih tentu saja yang pertama adalah pembentukan lingkungan rumah yang ramah anak, kemudian pembentukan lingkungan sosial yang nyaman misalnya dengan penyediaan fasilitas olah raga, fasilitas umum, dan fasilitas kegiatan bagi para remaja dan pemuda yang memadai. Sedangkan ketiga, penegakkan hukum yang menimbulkan efek jera. Terutama pemberian hukuman berat bagi pelaku klithih yang sudah mengarah ke perbuatan kriminal dan bukan lagi kenakalan remaja.

Afnan mengungkap kenapa aksi klithih muncul dan melanda kalangan anak remaja. Baginya, klithih merupakan bentuk anarkisme oleh remaja di mana mereka memasuki usia rentan. Pada usia remaja, biasanya mereka belum bisa mengendalikan emosi dengan baik, di sisi mereka berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensi dirinya dengan unjuk diri bahwa mereka hebat dan ingin masyarakat takut dengannya.

Perilaku ini tidak mengenal waktu, baik pada waktu penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) maupun dilonggarkannya penerapan PPKM.  (Jon)

BERITA REKOMENDASI