Berbenah Diri, Pariwisata DIY Siap Hadapi Lonjakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY optimistis sektor pariwisata DIY akan kembali bangkit, bahkan diproyeksi meningkat lebih cepat dibandingkan daerah wisata lainnya pasca Covid-19. Karena itu, pelaku usaha wisata harus segera berbenah diri menyambut datangnya wisatawan pasca Covid-19 dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kepala Perwakilan BiI DIY Hilman Tisnawan mengatakan BI DIY berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY dan Jasa Dharma Indonesia selenggarakan Pelatihan Online Pariwisata untuk meningkatkan kompetensi SDM wisata DIY. Hal ini dalam rangka mendukung sektor pariwisata DIY bebenah diri untuk mempersiapkan proyeksi lonjakan kunjungan wisata ke DIY pasca Covid-19.

“Secara umum kinerja pariwisata DIY relatif masih baik pada awal 2020. Pelaku usaha wisata optimis di 2020 sektor pariwisata akan tumbuh pesat dengan adanya berbagai program dukungan pariwisata yang telah disiapkan Pemerintah untuk mengundang wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia saat itu. Namun, sejak konfirmasi pasien positif Covid-19 pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020, kinerja pariwisata diberbagai destinasi wisata langsung menurun,” ujar Hilman dikantornya, Selasa (19/5).

BERITA REKOMENDASI