Berdayakan Ekonomi Perempuan Puanhayati

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat Ditjenbud Kemdikbudristek RI menggelar Workshop Kewirausahaan Perempuan dalam rangka Pemberdayaan Perempuan Penghayat dan Perempuan Adat dengan tema ‘Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan bagi Perempuan Penghayat’ di Hotel Harper Yogyakarta selama tiga hari, Senin-Rabu (25-27/10/2021).

“Workshop kewirausahaan perempuan ini bertujuan mengidentifikasi kegiatan kaum perempuan, ibu rumah tangga anggota Puanhayti DIY dan Jawa Tengah,” kata Pamong Budaya Madya Christriyati Ariani mewakili Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarkat Adat saat dijumpai KRJOGJA.com, Selasa (26/10/2021).

Selain itu lanjut Christriyati, juga memberikan pengetahuan dan wawasan tentang ilmu kewirausahaan. Termasuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi Puanhayati. “Workshop kewirausahaan ini berangkat dari kegelisahan perempuan penghayat untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan bernilai ekonomi di rumah. Sehingga sambil mengerjakan pekerjaan ekonomi, mereka tetap dapat mengerjakan hal-hal domestik lainnya,” urainya.

Kegiatan ini diikuti 30 Puanhayati Yogyakarta dan 25 Puanhayati Jateng.
Peserta mendapatkan ilmu dan teori tentang kewirausahaan dari Diskoperindag dan praktisi bisnis. Peserta juga melakukan praktek pembuatan bunga kering yang dipandu IWAPI DIY.

Seni kreatif ini diharapkan dapat dicermati Puanhayati dan dimanfaatkan sebagai peluang usaha bunga kering setiap harinya. Adanya kreativitas akan mendorong kemajuan ekonomi keluarga yang sesuai harapan, mengikuti perkembangan zaman.

“Kami akan selalu mendukung pemberdayaan perempuan di berbagai bidang, termasuk dalam upaya peningkatan ekonomi melalui kewirausahaan perempuan. Dengan demikian diharapkan perempuan penghayat yang tergabung dalam wadah Puanhayati kelak dapat berwirausaha secara nyata dan menginspirasi perempuan lainnya,” ucapnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI