Berhadiah 5000 Euro, Mahasiswa DIY Ditantang Isi Ruang Kosong Inovasi Pertanian

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Jaringan alumni Belanda bersama Nuffic Neso menyelenggarakan launching program kampanye bertajuk #EmpowerYouth4Food yang dimulai 22 April 2021 dibuka oleh Menteri Pertanian, Kualitas Alam dan Pangan Belanda Carola Schouten dan Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian Indonesia, Dedi Nursyamsi. Program tersebut akan menjaring ide-ide kreatif anak muda Indonesia di sektor pertanian.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy yang juga alumni kampus Wageningen Belanda menilai program tersebut sangat luar biasa untuk mendukung Indonesia mandiri secara pangan. Pasalnya, selama ini dengan jumlah penduduk 270 juta, Indonesia menjadi sasaran invasi potensial produk-produk pertanian luar negeri.

“Negara luar melihat nih dengan jumlah penduduk yang 270 juta, ada ruang-ruang kosong yang belum diisi oleh anak-anak negeri, kita bicara dalam bidang pertanian. Ini mengapa mudah sekali kita temukan sayuran, buah, daging merah dan ikan bahkan yang diimpor dari luar negeri,” ungkapnya melalui rilis tertulis, Rabu (21/4/2021).

Saat ini menurut Audy, generasi muda sudah mulai mengalihkan daya tarik ke arah pertanian kembali. Namun, pekerjaan rumah seluruh stakeholder Indonesia untuk menciptakan ekosistem sehat dalam bidang pertanian.

“Kita buktikan bahwa menjadi petani dan bekerja di bidang pertanian itu tidak madesu alias masa depan suram. Daripada ke kota jadi karyawan begitu, eh ini lho lebih baik menjadi petani dengan general income lebih besar,” ungkapnya lagi.

BERITA REKOMENDASI