Beri Informasi Terkini, Stan Pemda DIY Dibanjiri Pengunjung

YOGYA (KRjogja.com) – Anjungan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY ternayat mampu menyedot perhatian pengunjung Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Banyak informasi yang tersedia di anjungan yang disajikan SKPDSKPD di lingkungan Pemda DIY, termasuk produk-produk UMKM binaan.

Stan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY menginformasikan mengenai UMK di wilayah DIY, berdasar SK Gub 235/Kep/2016, yaitu Kota Yogya Rp 1.572.200, Sleman Rp 1.448.385, Bantul Rp 1.404.760, Kulonprogo Rp 1.373.600 dan Gunungkidul Rp 1.337.650.

"Hanya saja dalam praktik di lapangan kadang tenaga kerja sepakat dengan perusahaan dengan
gaji di bawah UMK karena kondisi perusahaan. Untuk kasus seperti ini dinas menyerahkan pada kedua pihak," papar staf Disnakertrans DIY Didik Sunardi ST kepada KRjogja.com, Jumat (25/11/2016) malam.

Sementara stan Balai Besar POM Yogyakarta menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi.
Di stan ini pengunjung bisa mengenal produk-produk kosmetik dan olahan pangan yang berbahaya
dikonsumsi. Di antaranya kosmetik tanpa izin edar, obat stelan berbahaya, obat tradisional tanpa izin edar dan produk pangan mengandung bahan berbahaya.

"Kita juga display produk berbahaya tersebut agar masyarakat teredukasi," terang penanggung jawab stan Ida Wahyu Windarti.

Ditampilkan pula beberapa poster yang berisi tips-tips memilih kosmetik aman, tips mengenali obat tradisional mengandung bahan kimia obat serta tips mewaspadai kemasan pangan dari plastik. Selain itu BBPOM juga menyediakan spot berfoto selfie bagi pengunjung. Foto terbaik yang diunggah ke media sosial milik BBPOM akan mendapat hadiah. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI