Beri Manfaat, Museum Kembangkan Ekonomi Kreatif

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Workshop Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Museum, diikuti sebanyak 40-an peserta Utusan Museum Anggota/Calon Anggota Barahmus (Badan Musyawarah Musea) dengan prokes, Rabu (27/10/2021) di Hotel GAIA Cosmo Yogya.

“Pengembangan program ekonomi kreatif akan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi museum juga masyarakat umum di sekitar museum,” tegas Ketua Umum (Barahmus) DIY, Ki Bambang Widodo saat membuka workshop.

Dijelaskan Museum sebagai pusat kebudayaan dan rumah peradaban bangsa, senantiasa harus dijaga kelestariannya. Para pengelola diharapkan mampu berpikir cerdas dan kreatif agar museum tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat penelitian, pendidikan dan kesenangan.

“Selama 1,5 tahun lebih ini banyak museum tutup, tidak mempunyai pemasukan dan kesulitan biaya operasional serta usaha pengembangan museum. Workshop didukung Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dengan Dana Keistimewaan untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan bekal cara menyusun proposal, mengimplementasikan dan mengembangkan program ekonomi kreatif di museumnya masing-masing,” jelasnya.

Workshop sehari ini menghadirkan narasumber kompeten Dewan Penasehat Barahmus DIY Drs Budiharjo MM (Museum Sumber Inspirasi), Guru Besar UGM Teknik Arsitektur dan Perencanaan FT UGM Prof Dr Ir Wiendu Nuryanti MArch (Pengembangan Ekonomi Kreatif), Pengelola Museum Ullen Sentalu KRT Daniel Haryodiningrat MHum (Berbagai Inspirasi Ekonomi Kreatif untuk Menunjang Eksistensi dan Kegiatan Museum) di sesi pagi.

Dilanjutkan setelah Ishoma narasumber dari RC Studio Redy Kusnanto (Menciptakan Produk Cinderamata Museum) dan Pamong Budaya Ahli Madya V Agus Sulistya, SPd MA (Menyusun Model Perencanaan Pengembangan Ekonomi Kreatif).

“Workshop menjadi momentum bagi museum untuk bangkit mencari terobosan usaha dana sehingga dapat terus berkarya, mencerahkan, mencerdaskan, dan menghibur,” ungkap GKR Bendara yang hadir sebagai Kepala Museum Karaton Yogyakarta. (Vin)

BERITA REKOMENDASI