Berikut, Tips Sukses Hadapi UN 2019

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelajar SMK sederajat menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung mulai 25-28 Maret 2019. Sejumlah kekhawatiran pun muncul dimana siswa mulai gelisah terhadap mata pelajaran yang harus diingat sejak mereka duduk di kelas X. Agar lancar di UNBK simak tipsnya yuk.

Sebelum menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK biasanya setiap siswa memiliki strategi masing-masing agar dapat sukses menjalankan ujian tersebut. Hambatan ketika UNBK diharapkan dapat teratasi sebaik mungkin dalam menghadapi UNBK.

Kepala sekolah SMKN 6 Yogyakarta Wiwik Indrayani Spd Msi memberikan imbauan kepada peserta UNBK di Yogya khususnya siswanya untuk tetap pede atau percaya diri ketika mengisi soal-soal ujian. Menututnya dasar kepercayaan dirilah yang membuat siswa lebih semangat untuk menjawab soal ujian. 

"Tapi dengan ketentuan siswa juga sudah belajar sebelumnya dan paham dengan mata pelajaran yang sudah diajarkan," tutur Wiwik Indryani Spd saat ditemui di ruang kepala sekolah SMK N 6 Yogya. Senin (25/03/19). 

Wiwik menambahkan, tidak ada hal khusus bagi para siswa untuk sukses di UNBK. Menurutnya, jika siswa tersebut sudah paham betul bagaimana sulitnya ujian baik UAS,UN dan praktek, siswa akan bersungguh sungguh untuk giat belajar lagi. 

"Pihak sekolah manapun sudah mengarahkan dan membimbing siswa agar lulus dengan nilai baik, jadi harapannya para siswa bisa juga harus semangat belajarnya," pungkasnya. 

Wiwik melanjutkan, kesehatan juga hal yang penting untuk dapat sukses menghadapi UNBK. " Kalau anaknya sakit itu juga akan menghambat mereka, kasian. Jadi jaga kesehatan apalagi musim hujan kaya saat ini," katanya.

Wakil kurikulum Dokteranda Sri Agustiawati juga mengungkapkan. Untuk sukses di UNBK yaitu dengan cara mengikuti ujiannya. Karena UNBk sendiri merupakan syarat kelulusan para siswa kelas XII. " Iya toh bener, kalau siswa tidak ikut UNBK nanti tidak lulus," tuturnya. (Ive) 

 

 

BERITA REKOMENDASI