Berkonsep Dapur Berjalan, ACT Jogja Operasikan ‘Humanity Food Truck’

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) global zakat DIY meresmikan program armada Humanity Foof Truck (HFT) 2.0 sebagai layanan zakat yang menyediakan makanan gratis. Kehadiran HFT menjadi solusi masalah pangan bagi penerima zakat, khususnya fakir miskin.

Humanity Food Truck merupakan salah satu bentuk implementasi zakat dari masyarakat yang dikelola ACT. "Konsepnya ini mobile kitchen (dapur mobil) yang berkeliling dibeberapa kota dan ini untuk memudahkan temen-temen yang membutuhkan paket pangan," Tutur Vice presiden ACT Ibnu Khajar dalam sambutannya pada acara peresmian HTF di halaman gedung Graha Pandawa Balai Kota Yogyakarta, Jum'at (22/03/19).

Setelah diresmikan, lanjut Ibnu HFT akan turut dioperasikan di 3 Kota yaitu Yogya, Solo dan Semarang. Food Truck ini mempunyai kelebihan mampu memproduksi 1500-1800 porsi makanan dalam sehari. 

Armada Food truck yang diresmikan siang ini merupakan armada kedua dari program ACT. Sebelumnya, ACT sudah memiliki Food Truck yang saat ini beroperasi di Jakarta. " Alhamdulilah food truck pertama kami sudah menjangkau program di wilayah bencana yang sempat terjadi di Lombok, Palu, Sigi dan Donggala.

keunggulan Food Truck yang diresmikan hari ini adalah kelengkapan dapur yang lebih optimal, seperti tersedianya Chiller 2 pintu, penanak nasi tiga tingkat hingga mampu memasak hingga kapasitas 21 kilo gram beras dalam sehari masak. " Mobile Kitchen dan chef atau juru masaknya ini bersetandar hotel bintang 5, insyaallah makanannya baik dan higienis," tambahnya.

Sementara Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam sambutanya mengatakan ikut mendukung program ACT yang membantu masyarakat dalam kebutuhan pangan. "Silahkan masyarakat jangan malu-malu, sekarang sudah ada program global zakat yang bisa dinikmati, gizinya sudah terjamin tapi jangan malu-maluin," Kata Haryadi. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI