Besok Hari Ke-2 UN SMK, Berikut Kisi-kisi Soal Matematika

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat akhir mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak mulai hari ini hingga Kamis (28/3). Selain UNBK, Ujian Nasional juga dilakukan dengan sistem Ujian Berbasis Kertas serta Pensil (UNKP).

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Dikutip dari situs resminya, BSNP menyebutkan fungsi kisi-kisi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Sementara bagi siswa, Kisi-kisi dapat digunakan sebagai panduan belajar dan gambaran materi soal yang akan dihadapi.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya Bambang Suryadi selaku Ketua BSNP seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Hari pertama UNBK, materi yang diujikan adalah bahasa Indonesia. Sementara pada hari kedua, Selasa (26/3) materi yang diujikan adalah Matematika. Bagi kamu yang besok mau menghadapi UNBK materi matematika, berikut ini kisi-kisinya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI