Besok, KR Webinar Kupas Tuntas Problema PPDB DIY di Tengah Pandemi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 berdampak pada tatanan dunia pendidikan. Termasuk di antaranya dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di DIY, khususnya tingkat SMA/SMK. Aturan yang disusun rapi dan matang, terpaksa mengalami perubahan beberapa kali, akibat ditiadakannya Ujian Nasional (UN) dan munculnya ketidakpuasan masyarakat.  Sedangkan instrumen zonasi dengan hanya menggunakan jarak, sangat sulit diterapkan secara penuh di DIY, karena penyebaran SMA yang tidak merata.

Meski saat ini telah diluncurkan revisi Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB SMA/SMK DIY yang baru, namun masih banyak masyarakat yang berkepentingan belum memahami lebih jauh terkait aturan baru tersebut. Sementara di bagian lain, Juknis baru PPDB, dianggap masih belum melegakan semua calon siswa dan calon ortu.

Terkait hal itu, krjogja.com menggelar Webinar dengan menghadirkan pejabat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, yakni Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan, Didik Wardaya SE, MPd MM, pakar pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Suyanto PhD, Sekretaris Komisi D DPRD DIY Sofyan Setyo Darmawan ST MEg dan pendidik Abdurrahman SPd MPd.

Pemimpin Redaksi krjogja.com dan Kedaulatan Rakyat, Drs Octo Lampito MPd mengungkapkan, kegiatan Webinar dengan mengangkat PPDB ini, diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Tidak hanya mengurangi ketidakpahaman proses PPDB era pandemi, juga dapat menyelaraskan perbedaan pandangan.

Pendaftaran gratis webinar melalui https://bit.ly/37jcOd9 dan juga bisa disaksikan secara live di chanel Youtube KR TV. (JON)

BERITA REKOMENDASI