Betah di Kulonprogo, Warga Tak Berminat Transmigrasi

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Saat ini warga Kulonprogo sudah merasa betah tinggal di wilayah kabupaten ini. Fakta tersebut terungkap dari hasil survei yang dipublikasikan Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat sebagai rangkaian Peringatan ke-70 Hari Bhakti Transmigrasi, 12 Desember 2020 bertema ‘Revitalisasi dan Modernisasi Transmigrasi mendukung Ketahanan Pangan Nasional’.

Menurut Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kulonprogo, Heri Widada MM survei dilakukan setelah pihaknya melihat fenomena akhir-akhir ini minat masyarakat untuk transmigrasi terus turun bahkan quota

tidak terpenuhi. “Kami punya kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) atau sosialisasi langsung masyarakat dengan mengutamakan warga di daerah rawan bencana, sekaligus peserta untuk mengisi kuisioner. 100 Kuisioner yang kembali kami olah,” kata Heri, Jumat (11/12).

Kuisioner terdiri lima pertanyaan dengan jawaban pilihan. Pertama apakah transmigrasi masih diperlukan, jawabannya seimbang 50 responden menjawab masih perlu dan 50 orang lagi menjawab tidak perlu. Dari 50 responden menjawab perlu setelah diberi pertanyaan lanjutan alasan berminat transmigrasi, 31 menjawab demi masa depan keluarga, delapan jawaban ingin sukses seperti transmigran lainnya, enam responden mencoba hidup di perantauan dan tiga ingin punya tanah lebih luas serta dua responden ingin dekat dengan saudara di perantauan.
Untuk pilihan lokasi transmigrasi, 29 responden memilih Kalimantan, 12 Sumatera dan sembilan Sulawesi. Adapun potensi garapan lahan yang diinginkan prosentase terbesar 20 memilih lahan kelapa Sawit, 12 Lahan sawah, sisanya memilih kopi, lada dan kakao.

Sementara 50 responden yang menjawab program transmigrasi sudah tidak perlu, saat disodorkan pertanyaan lanjutan alasannya, 31 responden menjawab sudah merasa betah tinggal di Kulonprogo, enam menjawab sudah bekerja, lima sudah punya lahan, empat akses fasilitas umum sudah baik, tiga karena keluarga tidak menginzinkan dan satu responden sudah merasa mapan. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI