BI Optimis Perekonomian DIY Triwulan III Tumbuh

YOGYA (KRjogja.com) – Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian DIY pada Triwulan III 2016 tetap akan tumbuh meski beberapa tantangan masih menghadang. Prediksi pertumbuhan perekonomian DIY pada Triwulan 2016 tersebut  ditopang atau disumbang dengan andil besar dari sektor industri dan akomodasi nantinya.  

"Perekonomian DIY Triwulan II-2016 terhadap triwulan II-2015 tumbuh 5,57 persen ( yoy) jauh lebih cepat dibanding periode yang sama pada tahun 2015 sebesar 4,63 persen. Pertumbuhan didukung semua lapangan usaha, antara lain sektor pertanian, industri penyediaan akomodasi, makanan dan minuman, pariwisata dan pendidikan," ujar Ketua Tim Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia DIY, Sri Fitriani usai bersilahturahmi dengan jajaran direksi seperti Dirut PT BP Kedaulatan Rakyat Gun Nugroho Samawi, Direktur Keuangan Iman Satriadi, Direktur Umun Wirmon Samawi dan perwakilan menajemen KR Group di Jalan Margo Utomo (P Mangkubumi) 40-46 Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).

Fitriani menyampaikan perekonomian DIY terus tumbuh terutama didukung kontribusi  dari sektor industri keuangan, penyediaan akomodasi dan sebagainya. Selain itu sektor komunikasi dan informasi ikut andil menyumbang pertumbuhan ekonomi DIY hingga 8 persen. Nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II 2016 Rp 26,7 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 21,4 triliun.

"Yang paling tinggi kontribusinya dalam pertumbuhan perekonomian DIY triwulan II 2016 ini berkat dorongan pengeluaran pemerintah yang tinggi dan konsumsi masyarakat pada saar lebaran," katanya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI