Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag-Kanwil ATR /BPN DIY Koordinasi Bahas Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Bidang Penerangan Agama Islam Zakat Wakaf (Penais Zawa) Kanwil Kemenag DIY menggelar Koordinasi  Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf bersama Kanwil ATR/BPN DIY, Selasa (25/01/2022).
Kegiatan ini guna memberikan informasi mengenai program sertifikasi tanah wakaf tentang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain itu juga menghadirkan informasi tentang persyaratan dan validasi berkas PTSL sesuai standart di BPN DIY.
“Ada juga pembahasan dan menginformasikan sejauh mana hasil dari usulan sertifikasi tanah wakaf yang sudah dan belum selesai sertifikatnya yang tersebar Kabupaten/Kota di wilayah DIY Tahun 2021,” kata Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY Drs H Sigit Warsita MA.
Dijelaskan Sigit, sertifikasi tanah wakaf merupakan komitmen pemerintah dalam memastikan legalitas tanah wakaf sehingga aman dari potensi hilang atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.
“Semua masalah yang dihadapi di lapangan berkenaan dengan tanah wakaf bisa dikonsultasikan secara musyawarah. Dalam penyelesaian masalah tanah wakaf yang belum bersertifikat bisa dikonsultasikan dan Kementerian Agama akan selalu membantu  hingga terselesaikan bagi tanah wakaf yang belum turun usulannya. Artinya masih dalam proses penyelesaian sertifikatnya,” jelas Sigit.

BERITA REKOMENDASI