Bimbel Arahkan Anak Berpikir Kritis dan Analitis

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan lembaga pendidikan informal, bimbingan belajar (bimbel) sangat penting untuk menambah kompetensi siswa. Bimbel menjadi mitra stretegis pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. 

"Banyak hal yang bisa diberikan bimbel seperti Primagama untuk menambah kompetensi siswa," terang Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji kepada KRJOGJA.com disela Musyawarah Instruktur Smart Nasional 2018 di Hotel UNY Yogyakarta, Sabtu (22/12/2018).

Baskara Aji mengatakan, arah pendidikan dalam Kurikulum 2013 saat ini mengajak anak untuk berpikir kritis dan analitis (berpikir tingkat tinggi). Namun demikian, praktik di sekolah masih banyak yang hanya mengedepankan hafalan, belum analisis. "Bimbel perlu memberikan support pada anak agar mulai berpikir kritis dan analitis. Primagama sebagai salah satu motor bimbel mustinya arahnya juga kesana," ujarnya.

Pembelajaran yang orientasinya hanya menyiapkan siswa mampu mengejakan soal dengan singkat atau hanya berorientasi mendapatkan sekolah favorit, menurut Baskara Aji, itu sudah ketinggalan. Saat ini pembelajaran dan soal-soal yang diberikan harus bisa mengajak anak untuk berpikir lebih logis atau tingkat tinggi. "Dari sisi materi bisa dikurangi atau ditambah, sedangkan dari standar proses harus dibuat lebih menyenangkan agar anak lebih tertarik belajar dan lebih maju," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI