Bingung Cari Bahan Tulisan Desa Wisata, Simak Hal Menarik Ini

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) bersama Kedaulatan Rakyat (KR) dan Sekolah Vokasi UGM berkolaborasi menggelar Lomba Penulisan Desa Wisata yang ada di seputaran kawasan otoritas Borobudur Jogja Solo Semarang (Joglosemar). 16 desa wisata akan menyambut wisatawan ataupun penulis yang berniat mengulas dan mengenalkan lebih dekat keindahan potensi alam dan budaya.

16 desa meliputi Desa Karanganyar, Karangrejo, Borobudur dan Ngagoretno di Kabupaten Magelang. Desa Kaligono dan Pandanrejo di Kabupaten Purworejo, lalu Desa Glagah, Segajih, Tinalah, Jatimulyo, Pagerharjo dan Gerbosari di Kabupaten Kulonprogo, Desa Bleberan dan Sri Getuk di Kabupaten Gunungkidul. Desa Pulesari dan Garongan di Kabupaten Sleman dan Desa Mangunan di Kabupaten Bantul.

Direktur Pemasaran BOB, Agus Rochiyardi mengatakan kegiatan lomba menulis desa wisata dibuat untuk mengenalkan lebih jauh tentang 16 desa wisata yang ada di kawasan Magelang, Purworejo dan Yogyakarta. Desa-desa wisata tersebut memiliki potensi luar biasa yang bisa dieksplorasi dari berbagai sudut menarik.

“Lomba menulis ini kami kreasikan untuk semakin memperkenalkan potensi desa wisata tersebut di masyarakat dan juga untuk mengembangkannya menjadi desa wisata mandiri. Kami mengambil tema “Percepatan Pertumbuhan Sosial Ekonomi untuk Menuju Desa Wisata Mandiri” dengan semangat untuk mempercepat proses pertumbuhan kondisi sosial ekonomi di desa-desa itu. Kami berupaya membantu pemaksimalan pemulihan ekonomi di Joglosemar yang memang memiliki keunggulan pariwisata,” ungkapnya, dalam live Instagram, Jumat (18/6/2021).

Agus mengungkap banyak sisi menarik yang bisa diulas menjadi bahan tulisan seperti bentang alam di tiap desa, keunikan kuliner, potensi apa saja yang ada, budaya masyarakat, bahkan kreasi-kreasi yang sudah dilakukan dengan berbagai keunggulannya. Tulisan dikemas secara menarik, dengan tutur bahasa menarik namun seturut kebebasan penulis.

16 desa yang menjadi sasaran penulisan memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Penulis pun diharapkan bisa menggali lebih mendalam dan menuangkan dalam tulisan, termasuk memberikan saran dan jalan keluar apabila menemukan problem di desa.

BERITA REKOMENDASI